Meningkatnya Transaksi Pembayaran Uang Elektronik Berbasis Server Dimasa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perspektif Syariah

Authors

  • Intan Kesuma Ratu UIN Raden Intan Lampung
  • Muhammad Iqbal Fasa
  • Suharto

DOI:

https://doi.org/10.51339/nisbah.v3i1.405

Keywords:

Uang Elektronik, Berbasis Server, Covid-19, Transaksi

Abstract

Sehubungan dengan kemajuan teknologi pada zaman modern ini, terciptalah uang digital atau yang disebut dengan uang elektronik. Uang elektronik merupakan alat pembayaran dalam bentuk uang elektronik, dimana nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab meningkatnya transaksi  pembayaran menggunakan uang elektronik terkhusus uang elektronik berbasis server dimasa pandemi. Penelitian dilakukan berupa kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data menggunakan studi pustaka dan meresume dari hasil teori atau pendapat yang telah dilakukan sebelumnya.  Hasilnya menunjukkan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan mobilitas masyarakat terbatas berpotensi meningkatkan transaksi uang elektronik dan kebijakan physical distancing mendorong masyarakat menggunakan uang elektronik berbasis server. Meningkatnya transaksi uang elektronik di masa pandemi Covid-19 juga disebabkan oleh kesadaran masyarakat, akan meningkatnya risiko penularan virus Covid-19 melalui uang kertas.  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-01-2022

How to Cite

Ratu, Intan Kesuma, Muhammad Iqbal Fasa, and Suharto. “Meningkatnya Transaksi Pembayaran Uang Elektronik Berbasis Server Dimasa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perspektif Syariah”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 3, no. 1 (January 13, 2022): 63–82. Accessed May 21, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/405.