Analisis Implementasi Akad Murabahah Pada Produk Cicil Emas Di Bank Syariah Indonesia KCP Tuban

Authors

  • Inarotul A'yun Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Silvia nur aliyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban

DOI:

https://doi.org/10.51339/nisbah.v6i2.4091

Keywords:

Akad Murabahah, Emas, BSI KCP Tuban

Abstract

Perbankan syariah yang dikenal sebagai Islamic Banking yang beroperasi tanpa bunga dan berlandaskan pada prinsip yang ada di Al-Qur’an dan Al-Hadits. Salah satu produk unggulan dalam perbankan syariah adalah pembiayaan cicil emas menggunakan akad murabahah, yang memudahkan nasabah untuk memiliki emas dengan cara mencicil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan akad murabahah pada produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Tuban, serta dampaknya terhadap kepuasan nasabah. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif melalui observasi dengan cara pengumpulan data, studi pustaka, dan wawancara. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa transparansi dalam informasi, komitmen bank, dan kualitas produk berkontribusi signifikan pada kepuasan nasabah. Proses yang jelas dan fleksibilitas dalam cicilan juga meningkatkan rasa aman dan kepuasan nasabah. Namun, tantangan seperti fluktuasi harga emas dan penerapan denda bagi nasabah yang gagal bayar perlu dikelola dengan bijaksana. Secara keseluruhan, penerapan akad murabahah di BSI KCP Tuban menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan kepuasan nasabah dan memperkuat kepercayaan terhadap produk keuangan syariah. Penelitian ini merekomendasikan agar BSI KCP Tuban terus berinovasi dan meningkatkan layanan untuk menjaga kepuasan nasabah yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Ahmadi. “Meningkatkan Loyalitas Nasabah Melalui Customer Relationship Management Dan Kepercayaan (Survey Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Sarolangun).” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (2020): 47–60. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.413.

Ai Siti Nurjadidah, Jalaludin, dan Ahmad Damiri. “Implementasi Akad Murabahah Dan Rahn Pada Produk Cicil Emas Di Bank Syari’ah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Subang.” EKSISBANK: Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan 4, no. 2 (2020): 95–111. https://doi.org/10.37726/ee.v4i2.122.

Aisyah, Siti, dan Murtaza. “Analisis Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Blang Pidie.” Journal of Management Science and Bussines Review 2, no. 4 (2024): 233–52. https://jurnal.ypsms.or.id/index.php/JMSBR/article/view/89.

Alidha, M, A P Sari, R Sopiatunnisa, dan ...ournal of Applied Sciences(CJAS). “Analisis Dampak Digitalisasi Layanan Perbankan terhadap Loyalitas Nasabah di Era Revolusi Industri 4.0.” Contemporary … 2, no. 3 (2024): 203–16. https://journal.formosapublisher.org/index.php/cjas/article/view/9681%0Ahttps://journal.formosapublisher.org/index.php/cjas/article/download/9681/9553.

Anggraini, Tuti, Irgi Iqbal, Universitas Islam, Negeri Sumatera, dan Di Indonesia. “Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Pembiayan Pensiunan Pegawai Negeri Sipil Pada Bank Syariah Indonesia Sukaramai.” Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 9, no. 204 (2024): 95–105.

Ardiansyah, Risnita, dan M. Syahran Jailani. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023): 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.

Hidayah, Nurul, Susila Andriyati, Vina Rismayani, dan Viviannisa Victoria. “Pengaruh kualitas pelayanan,ketersediaan fitur layanan terhadap loyalitas nasabah penggunaan bsi mobile.” Jurnal Ekonomi Syariah 4, no. 2 (2022): 139–59.

Jannah, Miftahul. “PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus di Kampung Adi Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah).” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 2, no. xx (2023): 5.

Kementrian Keuangan. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.” Lembaran Negara Republik Indonesia, 1998, pasal 1 ayat 2.

Malahati, Fildza, Anelda Ultavia B, Putri Jannati, Qathrunnada Qathrunnada, dan Shaleh Shaleh. “Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi.” Jurnal Pendidikan Dasar 11, no. 2 (2023): 341–48. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902.

Marianti, Dina Juni, Zulfa Rasyida, dan Ema Utami. “Analisis Praktik Murabahah Emas pada Bank Syariah di Indonesia Berdasarkan Tinjauan Hukum Fikih Muamalah Zulfa Rasyida.” Tajdid 28, no. 2 (2021): 2021. https://doi.org/10.36667/tajdid.v28i2.731.

Nopriansyah, Waldi. “Pendekatan Akad Murabahah Di Perbankan Syariah.” Islamic Banking 2, no. 7 (2017): 15–24.

Purnamasari, Intan, dan Emile Satia Darma. “Pengaruh Implementasi Syariah Governance Terhadap Loyalitas Nasabah.” Akutansi dan Infestasi 16, no. 1 (2015): 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.12710.

Setiady, Tri. “Pembiayaan Murabahah Dalam Perspektif Fiqh Islam, Hukum Positif Dan Hukum Syariah.” FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum 8, no. 3 (2015): 517–30. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v8no3.311.

Sultoni, Hasan, dan Ahmad Basuki. “Bank Syariah di Dunia Internasional.” Jurnal Eksyar 07, no. 02 (2020): 35–51.

Zaenuri. “Konsep Pembiayaan Kepemilikan Emas Pada perbankan Syariah (Studi di Bank Mandiri Syariah Semarang).” Journal at-taqaddum 06, no. 02 (2014): 316–45.

Downloads

Published

05-07-2025

How to Cite

A’yun, Inarotul, and Silvia nur aliyah. “Analisis Implementasi Akad Murabahah Pada Produk Cicil Emas Di Bank Syariah Indonesia KCP Tuban”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 6, no. 2 (July 5, 2025): 220–233. Accessed October 7, 2025. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/4091.