Efektivitas dan Dampak Strategi Pemasaran Pedagang di Pasar Tradisional Nongkojajar Desa Wonosari Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan: Tinjauan dari Perspektif Ekonomi Islam dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen

Authors

  • Sholihun Institut Agama Islam Sunan KaliJogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/nisbah.v6i2.4231

Keywords:

Strategi Pemasaran, Ekonomi Islam, Pasar Tradisional, Minat Beli

Abstract

Fenomena persaingan antara pasar tradisional dan modern semakin meningkat, terutama di Pasar Tradisional Nongkojajar, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Hal ini menimbulkan tantangan bagi para pedagang dalam mempertahankan dan meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan dampak strategi pemasaran yang diterapkan oleh pedagang di pasar tersebut, dengan fokus pada perspektif ekonomi Islam. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan observasi langsung, wawancara mendalam dengan pedagang dan konsumen, serta analisis dokumen untuk mengumpulkan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip ekonomi Islam, seperti kejujuran, keadilan, dan maslahah, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan minat beli konsumen dan pendapatan pedagang. Selain itu, strategi pemasaran yang berbasis nilai-nilai etika terbukti efektif dalam membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana integrasi nilai-nilai Islam dalam strategi pemasaran dapat meningkatkan daya saing pasar tradisional di tengah tantangan modernisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sholihun, Institut Agama Islam Sunan KaliJogo Malang

Fenomena persaingan antara pasar tradisional dan modern semakin meningkat, terutama di Pasar Tradisional Nongkojajar, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Hal ini menimbulkan tantangan bagi para pedagang dalam mempertahankan dan meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan dampak strategi pemasaran yang diterapkan oleh pedagang di pasar tersebut, dengan fokus pada perspektif ekonomi Islam. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan observasi langsung, wawancara mendalam dengan pedagang dan konsumen, serta analisis dokumen untuk mengumpulkan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip ekonomi Islam, seperti kejujuran, keadilan, dan maslahah, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan minat beli konsumen dan pendapatan pedagang. Selain itu, strategi pemasaran yang berbasis nilai-nilai etika terbukti efektif dalam membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana integrasi nilai-nilai Islam dalam strategi pemasaran dapat meningkatkan daya saing pasar tradisional di tengah tantangan modernisasi.

References

Ashraf, M A. “Islamic Marketing and Consumer Behavior toward Halal Food Purchase in Bangladesh: An Analysis Using SEM.” Journal of Islamic Marketing, 2019. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2018-0051.

Badi’ah, R, D Wiratama, I Purwanti, and M D Abadi. “Dynamics of Development of Islamic Marketing Research: A Bibliometric Review Based on Scopus Data, 1998 - 2023.” Islamic Banking: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 2024. https://doi.org/10.36908/isbank.v9i2.1066.

Banerjee, Subhabrata Bobby, John M Jermier, Ana Maria Peredo, Robert Perey, and André Reichel. “Theoretical Perspectives on Organizations and Organizing in a Post-Growth Era.” Organization 28, no. 3 (November 21, 2020): 337–57. https://doi.org/10.1177/1350508420973629.

BPS Kabupaten Pasuruan. “Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Pasuruan Tahun 2023.” Https://Pasuruankab.Bps.Go.Id/Pressrelease/2024/02/28/600/Pertumbuhan- Ekonomi-Kabupaten-Pasuruan-Tahun-2023.Html, no. 01 (2024): 1–11.

El-Bassiouny, N. “Where Is ‘Islamic Marketing’ Heading?” Journal of Business Research, 2016. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2015.09.013.

Fageh, Achmad, Fatimatul Fatmariyah, and Fathor AS. “Relationship Marketing Dalam Perspektif Islam.” IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah 9, no. 1 (May 20, 2022): 63–77. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v9i1.5589.

Hidayat, Chaerul, Rini Ariza, Aan Fadillah, Muhammad Reza, and Amali. “Sharia Marketing in Business: Paradigm, Ethics and Implementation of Islamic Principles.” Indonesian Journal of Contemporary Multidisciplinary Research 3, no. 4 (July 11, 2024): 571–82. https://doi.org/10.55927/modern.v3i4.9785.

Indriyanti, A, and N Wening. “Analysis of Traditional Markets as Factors in Global Economic Development.” HKJSS, n.d. https://doi.org/10.55463/hkjss.issn.1021-3619.61.63.

Iriani, S S. “Traditional Market Management Strategy in Conditions of Modern Market Development.” Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences 94, no. 10 (2019): 129–38. https://doi.org/10.18551/RJOAS.2019-10.17.

Istiqomah, N H, I S Nisa’, and L Husniyah. “Pemasaran Islami: Mengoptimalkan Potensi Pasar Dengan Prinsip Keadilan Dan Etika Ekonomi Islam.” Al-Musthofa 7, no. 1 (2024): 1–12. https://doi.org/10.58518/al-musthofa.v7i1.2755.

Istiqomah, Nur Hidayatul, Ihda Shofiyatun Nisa’, and Latifatul Husniyah. “Pemasaran Islami: Mengoptimalkan Potensi Pasar Dengan Prinsip Keadilan Dan Etika Ekonomi Islam.” Al-Musthofa: Journal of Sharia Economics 7, no. 1 (June 30, 2024): 1–12. https://doi.org/10.58518/al-musthofa.v7i1.2755.

Kamarulzaman, Y, and A Madun. “Marketing Islamic Banking Products: Malaysian Perspective.” Business Strategy Series, 2013. https://doi.org/10.1108/17515631311325114.

Kurnia Sari Rahma, Agustina Mutia, and Awal Habibah. “Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasansebagai Variabel Intervening Pada Pedagang Di Pasar Tradisional Kelurahan Sengeti.” MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis 2, no. 1 (November 11, 2023): 118–34. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v2i1.585.

Lubis, E C B, U S Sukmati, and I A Ananda. “Implementasi Nilai-Nilai Dasar Ekonomi Syariah Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang Muslim Di Pasar Rabu Kecamatan Galing Kabupaten Sambas.” Sebi : Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam 6, no. 2 (2024): 86–92. https://doi.org/10.37567/sebi.v6i2.3033.

Mackiewicz, Jo. A Mixed-Method Approach. Writing Center Talk over Time, 2018. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3.

Mamun, M A A, and C A Strong. “Islamic Marketing: A Literature Review and Research Agenda.” International Journal of Consumer Studies, 2021. https://doi.org/10.1111/ijcs.12625.

Miles, M.B., Huberman, A.M. and Saldana, J. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 2014.

Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian Kualitatif,” 04 ed. 2018: Bandung : Remaja Rosdakarya, 2021, 2018.

Nurhayati, S. “Pengelolaan Pasar Tradisional Berbasis Musyawarah Untuk Mufakat.” Benefit 18, no. 1 (2015): 49–56. https://doi.org/10.23917/BENEFIT.V18I1.1387.

Rashid, Sumayya, and Vanessa Ratten. “Entrepreneurial Ecosystems during COVID-19: The Survival of Small Businesses Using Dynamic Capabilities.” World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development ahead-of-p, no. ahead-of-print (March 11, 2021). https://doi.org/10.1108/WJEMSD-09-2020-0110.

Rasul, T, and A Gani. “Islamic Marketing and Consumer Behaviour: A Systematic Literature Review.” Journal of Islamic Marketing, 2020. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2019-0100.

Rizqullah, Almas, Mulyono Jamal, and Isma Roslan. “Involvement of Market Mechanisms and Pricing Policies for Indonesian Traditional Market Products (Fiqh Muamalah Study).” In Proceedings of the 3rd Economics and Business International Conference, EBIC 2022, 22 September 2022, Medan, North Sumatera, Indonesia. EAI, 2024. https://doi.org/10.4108/eai.22-9-2022.2337429.

Sabs-Canales, H J. “Islamic Marketing and Halal Market Opportunities: A Systematic Literature Review.” RSAN, n.d. https://doi.org/10.36097/rsan.v0i50.1933.

Saeed, M, Z U Ahmed, and S M Mukhtar. “International Marketing Ethics from an Islamic Perspective: A Value-Maximization Approach.” Journal of Business Ethics 32, no. 2 (2001): 127–42. https://doi.org/10.1023/A:1010718817155.

Shah, S A, and N A Bhutto. “Halal Marketing: A Marketing Strategy Perspective.” Journal of Islamic Marketing, 2020. https://doi.org/10.1108/JIMA-11-2018-0211.

Sugiyono, Dr. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,” 2013.

Syakir, Khalifa, Rahadian, and Leonita Siwiyanti. “Islamic Marketing In The Context Of Buying And Selling.” International Student Conference on Business, Education, Economics, Accounting, and Management (ISC-BEAM) 1, no. 1 (March 2, 2024): 882–93. https://doi.org/10.21009/ISC-BEAM.011.61.

Tournois, L, and I Aoun. “From Traditional to Islamic Marketing Strategies: Conceptual Issues and Implications.” Education, Business and Society, 2012. https://doi.org/10.1108/17537981211251179.

Umair, Tahira, Hafiz Muhammad Naeem, and Muhammad Amir Rashid. “Role of Extrinsic and Intrinsic Religiosity on Muslim Consumer Purchase Intention Toward Religiously Sanctioned Food.” Research Journal for Societal Issues 6, no. 2 (June 15, 2024): 267–85. https://doi.org/10.56976/rjsi.v6i2.212.

Wahab, A. “Keberpihakan Kebijakan Pemerintah Pada Sektor Usaha Rakyat Perspektif Ekonomi Islam.” Tsaqafah 12, no. 1 (2016): 167–86. https://doi.org/10.21111/TSAQAFAH.V12I1.373.

Wahab, Abdul. “Keberpihakan Kebijakan Pemerintah Pada Sektor Usaha Rakyat Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Keberlangsungan Pasar Tradisional).” TSAQAFAH 12, no. 1 (May 14, 2016): 167. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v12i1.373.

Wilson, J A J, and J Grant. “Islamic Marketing – a Challenger to the Classical Marketing Canon?” Journal of Islamic Marketing, 2013. https://doi.org/10.1108/17590831311306327.

Yin, R K. Qualitative Research from Start to Finish, Second Edition. Guilford Publications, 2015. https://books.google.co.id/books?id=b3X3CQAAQBAJ.

Downloads

Published

21-07-2025

How to Cite

Sholihun. “Efektivitas Dan Dampak Strategi Pemasaran Pedagang Di Pasar Tradisional Nongkojajar Desa Wonosari Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan: Tinjauan Dari Perspektif Ekonomi Islam Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 6, no. 2 (July 21, 2025): 298–326. Accessed October 7, 2025. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/4231.