Minat Nasabah Pasar Banaran Terhadap Produk Tabungan Haji Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sukowati Sragen

Authors

  • Tri Bayu Bayu Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Husna Ni’matul Ulya Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Keywords:

Minat, Produk tabungan haji, Nasabah Pasar Banaran Sragen, BPRS Sukowati Sragen

Abstract

Minat nasabah menabung sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup pada lembaga keuangan. Oleh karena itu, BPRS Sukowati Sragen menyediakan beragam produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat agar dapat menarik minat masyarakat itu sendiri. Minat menabung tabungan Haji di BPRS Sukowati Sragen sangatlah rendah, terutama di pasar Banaran Sragen, oleh karena itu penelitian ini membahas tentang minat nasabah pasar Banaran Sragen terhadap produk tabungan Haji di BPRS Sukowati Sragen.

Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pihak BPRS Sukowati Sragen dan Nasabah BPRS Sukowati Sragen. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah sumber data yang diperoleh secara langsung dari sumber data untuk tujuan penelitian, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari literatur, jurnal, dan laporan hasil penelitian yang memiliki relevansi dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian minat nasabah pasar Banaran terhadap produk tab Haji di BPRS Sukowati Sragen sangatlah sedikit yaitu dari 11 nasabah hanya 1 nasabah yang menabung tabungan Haji. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah pasar Banaran terhadap produk tabungan haji BPRS Sukowati Sragen yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi adalah faktor dari dalam diri kita sendiri seperti kepribadian, motivasi, gaya hidup, kepercayaan dan agama. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang dipengaruhi dari luar seperti lokasi, pelayanan, lingkungan, dan promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-01-2023

How to Cite

Bayu, Tri Bayu, and Husna Ni’matul Ulya. “Minat Nasabah Pasar Banaran Terhadap Produk Tabungan Haji Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sukowati Sragen”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 4, no. 1 (January 25, 2023): 1–19. Accessed May 21, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/684.