Pengaruh Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Minat Anggota Untuk Menabung

(Studi Pada BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syari’ah Jatim)

Authors

  • Zahrotul Mauludia Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Sri Mulyani Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Pelayanan, Fasilitas, Minat Menabung

Abstract

Beberapa faktor yang mempengaruhi minat menabung anggota pada koperasi syariah diantaranya dipengaruhi oleh pelayanan dan fasilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan fasilitas terhadap minat anggota untuk menabung di BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jatim baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota yang membuka tabungan As-Sakinah pada BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jatim tahun 2022 yang berjumlah 3.017 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Sampling Aksidental dengan jumlah sampel sebanyak 97 anggota. Teknik analisis data  dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 25 For Windows. Hasil Uji t menunjukkan bahwa variabel pelayanan memiliki t hitung sebesar  2,919  lebih besar dari t table yaitu 0,677 (2,919 > 0,677) dengan signifikansi 0.004. Artinya variabel pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap minat anggota untuk menabung. Sedangkan varibel fasilitas memiliki t hitung sebesar  3,805 lebih besar dari t tabel yaitu 0,677 (3,805  > 0,677) dengan signifikansi 0.000. Artinya variabel fasilitas berpengaruh positif signifikan terhadap minat anggota untuk menabung. Dari Hasil Uji F nilainya sebesar 34,872 > 3,09 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa fasilitas dan pelayanan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat anggota untuk menabung di BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jatim. Adapun sumbangan prosentase determinasi (R2) yang diberikan oleh variabel pelayanan dan fasilitas terhadap minat anggota untuk menabung memberikan kontribusi sebesar 45,5% sedangkan sisanya sebesar 54,5% dijelaskan oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-01-2023

How to Cite

Zahrotul Mauludia, and Sri Mulyani. “Pengaruh Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Minat Anggota Untuk Menabung: (Studi Pada BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syari’ah Jatim)”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 4, no. 1 (January 25, 2023): 20–38. Accessed November 5, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/694.