Focus and Scope

JURNAL AKADEMIKA merupakan salah satu media publikasi dalam naungan Rumah Jurnal IAI Sunan Kalijogo Malang yang mempublikasikan artikel ilmiah dan hasil penelitian lapangan di bidang Manajemen Pendidikan Islam. Secara khusus ruang lingkup jurnal ini meliputi:

  1. Filsafat Pendidikan Islam;
  2. Modernisasi pendidikan Islam;
  3. Kebijakan Pendidikan Islam;
  4. Lembaga pendidikan Islam;
  5. Pendidikan Tinggi Islam;
  6. Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Islam;
  7. Karakter dan pendidikan Islam;
  8. Pendidikan Pesantren dan Madrasah,
  9. Pendidikan Islam dan Transformasi Sosial;
  10. Kurikulum pendidikan Islam;
  11. Berbagai Model, Strategi, dan Metode Pengajaran Pendidikan Islam;
  12. Tokoh Pendidikan Islam;
  13. Media Pendidikan Islam;
  14. Evaluasi Pendidikan Islam;

 

Sedangkan secara Manajemen mencakup tentang:

  1. Manajemen Kurikulum meliputi Kajian Standar Isi, dan Kajian Kurikulum pada Sekolah Tingkat dasar, Tingkat Menengah Pertama, dan Tingkat Menengah Atas.
  2. Manajemen Pengelolaan Lulusan meliputi Pengelolaan Lulusan Sekolah Tingkat dasar, Tingkat Menengah Pertama, dan Tingkat Menengah Atas.
  3. Manajemen Proses Pembelajaran meliputi Manajemen Proses Pembelajaran pada Sekolah Tingkat dasar, Tingat Menengah Pertama, dan Tingkat Menengah Atas.
  4. ManajemenPengelolaan Sarana dan Prasarana meliputi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah Tingkat dasar, Tingkat Menengah Pertama, dan Tingkat Menengah Atas. Pengelolaan Laboratorium IPA, Pengelolaan Laboratorium Bahasa, Pengelolaan Laboratorium Komputer, Manajemen Sumber Daya Pengajaran, dan Manajemen Perpustakaan
  5. Manajemen Pendidikan meliputi Manajemen Pendidikan dan studi Pendidikan pada  Sekolah Tingkat dasar, Tingkat Menengah Pertama, dan Tingkat Menengah Atas. Studi Pendidikan di SD.
  6. Manajemen Pengelolaan Pembiayaan meliputi Pengelolaan Pembiayaan di Sekolah Tingkat dasar, Tingkat Menengah Pertama, dan Tingkat Menengah Atas.
  7. Manajemen Penilaian meliputi Manajemen Penilaian Pembelajaran, Kajian Evaluasi Pembelajaran, dan Kajian Evaluasi Pendidikan pada Sekolah Tingkat dasar, Tingkat Menengah Pertama, dan Tingkat Menengah Atas.
  8. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan meliputi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Sekolah Tingkat dasar, Tingkat Menengah Pertama, dan Tingkat Menengah Atas, Manajemen Sumber Daya Guru, Manajemen Tenaga Kependidikan, dan Studi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.