Peningkatan Pemahaman Konsep FPB dan KPK Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Dakon FK Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sumberingin
Keywords:
PBL, Dakon-FK, Pemahaman Konsep, FPB dan KPKAbstract
Permasalahan pembelajaran matematika khususnya materi FPB dan KPK disebabkan karena banyak faktor salah satunya karakteristik dari matematika Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pada pemahaman konsep FPB dan KPK melalui penerapan model PBL berbantu media Dakon-FK; (2) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep konsep FPB dan KPK melalui penerapan model PBL berbantu media Dakon-FK. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jenis pendekatan kualitatif. Alur penelitian mengacu pada model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis & McTaggart yang terdiri dari; (a) Plan; (b) Act & Observation; (c) ReflectionMengacu data hasil penelitian disimpulkan beberapa hal yaitu: (1) Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori baik. Dibuktikan dari persentase keterlaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 77% menjadi 85%; (2) Adanya peningkatan rerata kelas pada pemahaman konsep materi FPB siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17 dan kenaikan ketuntasan klasikal sebesar 38%. Sedangkan hasil pemahaman konsep materi KPK sudah dinyatakan baik dan tuntas pada siklus I dengan rerata kelas sebesar 85 dan ketuntasan klasikal sebesar 90%.
Downloads
References
Agustin, Rindu Rahayu. “Media Pemahaman Konsep KPK Dan FPB Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berdasarkan Analisis Permainan Congklak.” Kalimaya 4, no. 2 (2016): 1–11.
Andayani, Try et all. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra …, no. September (2013): 134–42.
Caesariani, Novi Andria. “Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pada Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 11 (2018): 832–40.
Diani, Asma, Soewarno, and Mislinawati. “Pengaruh Pengelolaan Kelaas Terhadap Pembelajaran Efektif Di Kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2016): 1–23.
Dwi Ariyanti, Mei Riska, . Rasiman, and Mei Fita Asri Untari. “Keefektifan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Dakota Terhadap Hasil Belajar Materi Fpb Dan Kpk.” Journal for Lesson and Learning Studies 2, no. 1 (2019): 73–82. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17323.
Eskris, Yosiana. “Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas V SD.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2021): 43–52.
Hamzah, B. Uno, Satria Koni, and Nina Lamatenggo. Menjadi Peneliti PTK Yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Hasanah, Zuriatun, and Ahmad Shofiyul Himami. “Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa” 1, no. 1 (2021): 1–13.
Kolo, Elfrida, Selestina Nahak, and Hermina Disnawati. “Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Aritmetika Sosial.” RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 2 (2021): 115–22. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.698.
Kumullah, Rahmah, Ery Tri Djatmika, Lia Yuliati, and Pendidikan Dasar. “Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Siswa Dengan Problem Based Learning Pada Materi Sifat Cahaya.” Jurnal Pendidikan 3, no. 12 (2018): 1583–86.
Marpaung, Dortiana. “Penerapan Metode Diskusi Dan Presentasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Xi Ips-1 Sma Negeri 1 Bagan Sinembah.” School Education Journal Pgsd Fip Unimed 8, no. 4 (2018): 360–68. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i4.11375.
Murdiani. “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Menjumlahkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Siswa Kelas Iv Sdn Hariang Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong.” Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial 4, no. 2 (2018): 35–40.
Nahdi, Dede Salim. “Eksperimentasi Model Problem Based Learning Dan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa.” Jurnal Cakrawala Pendas 4, no. 1 (2018). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.711.
Nurbaya, Yasaroh; Samsudin, Asep. “Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman KPK Dan FPB Siswa Sekolah Dasar Kelas V” 08, no. 2 (2022): 3268–80.
Purwasih, Silviana Maya. “Jurnal Pendidikan Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika 11, no. 1 (2020): 67–76.
Rahayu, Sisca Tania, Dudu Suhandi Saputra, and Sigit Vebrianto Susilo. “Pentingnya Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1 (2019): 448–54.
Rochana, Siti, Lilia Sinta Wahyuniar, and Umi Mahdiyah. “Application of Problem-Based Learning Model to Improve Problem Solving Ability.” Journal of Instructional Mathematics 3, no. 2 (2022): 101–6. https://doi.org/10.37640/jim.v3i2.1542.
Rohiyatun, Baiq, and Sri Erni Mulyani. “Hubungan Prosedur Manajemen Kelas Dengan Kelancaran Proses Belajar Mengajar.” Jurnal Pendidikan Mandala 2, no. 2 (2017): 92–99.
Savriliana, Vina, Kori Sundari, and Yudi Budianti. “Media Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (2020): 1160–66. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.517.
Suardana, Putu. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru.” Journal of Education Action Research 3, no. 3 (2019): 270. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17974.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sulaiman, Astutik. “Penerapan Media Permainan Dakon Dalam Peningkatan Hasil Belajar Berhitung Siswa Kelas 1 Sd Al-Amin Surabaya.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 1 (2013): 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Reza Aprilia Resterina, Makbul Muksar, Insih Kawedhar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.