Peningkatan Pemahaman Konsep FPB dan KPK Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Dakon FK Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sumberingin

Authors

  • Reza Aprilia Resterina Universitas Negeri Malang
  • Makbul Muksar Universitas Negeri Malang
  • Insih Kawedhar Universitas Negeri Malang

Keywords:

PBL, Dakon-FK, Pemahaman Konsep, FPB dan KPK

Abstract

Permasalahan pembelajaran matematika khususnya materi FPB dan KPK disebabkan karena banyak faktor salah satunya karakteristik dari matematika Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pada pemahaman konsep FPB dan KPK melalui penerapan model PBL berbantu media Dakon-FK; (2) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep konsep FPB dan KPK melalui penerapan model PBL berbantu media Dakon-FK. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jenis pendekatan kualitatif. Alur penelitian mengacu pada model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis & McTaggart yang terdiri dari; (a) Plan; (b) Act & Observation; (c) ReflectionMengacu data hasil penelitian disimpulkan beberapa hal yaitu: (1) Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori baik. Dibuktikan dari persentase keterlaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 77% menjadi 85%; (2) Adanya peningkatan rerata kelas pada pemahaman konsep materi FPB siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17 dan kenaikan ketuntasan klasikal sebesar 38%. Sedangkan hasil pemahaman konsep materi KPK sudah dinyatakan baik dan tuntas pada siklus I dengan rerata kelas sebesar 85 dan ketuntasan klasikal sebesar 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Rindu Rahayu. “Media Pemahaman Konsep KPK Dan FPB Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berdasarkan Analisis Permainan Congklak.” Kalimaya 4, no. 2 (2016): 1–11.

Andayani, Try et all. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra …, no. September (2013): 134–42.

Caesariani, Novi Andria. “Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pada Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 11 (2018): 832–40.

Diani, Asma, Soewarno, and Mislinawati. “Pengaruh Pengelolaan Kelaas Terhadap Pembelajaran Efektif Di Kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2016): 1–23.

Dwi Ariyanti, Mei Riska, . Rasiman, and Mei Fita Asri Untari. “Keefektifan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Dakota Terhadap Hasil Belajar Materi Fpb Dan Kpk.” Journal for Lesson and Learning Studies 2, no. 1 (2019): 73–82. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17323.

Eskris, Yosiana. “Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas V SD.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2021): 43–52.

Hamzah, B. Uno, Satria Koni, and Nina Lamatenggo. Menjadi Peneliti PTK Yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Hasanah, Zuriatun, and Ahmad Shofiyul Himami. “Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa” 1, no. 1 (2021): 1–13.

Kolo, Elfrida, Selestina Nahak, and Hermina Disnawati. “Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Aritmetika Sosial.” RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 2 (2021): 115–22. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.698.

Kumullah, Rahmah, Ery Tri Djatmika, Lia Yuliati, and Pendidikan Dasar. “Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Siswa Dengan Problem Based Learning Pada Materi Sifat Cahaya.” Jurnal Pendidikan 3, no. 12 (2018): 1583–86.

Marpaung, Dortiana. “Penerapan Metode Diskusi Dan Presentasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Xi Ips-1 Sma Negeri 1 Bagan Sinembah.” School Education Journal Pgsd Fip Unimed 8, no. 4 (2018): 360–68. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i4.11375.

Murdiani. “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Menjumlahkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Siswa Kelas Iv Sdn Hariang Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong.” Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial 4, no. 2 (2018): 35–40.

Nahdi, Dede Salim. “Eksperimentasi Model Problem Based Learning Dan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa.” Jurnal Cakrawala Pendas 4, no. 1 (2018). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.711.

Nurbaya, Yasaroh; Samsudin, Asep. “Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman KPK Dan FPB Siswa Sekolah Dasar Kelas V” 08, no. 2 (2022): 3268–80.

Purwasih, Silviana Maya. “Jurnal Pendidikan Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika 11, no. 1 (2020): 67–76.

Rahayu, Sisca Tania, Dudu Suhandi Saputra, and Sigit Vebrianto Susilo. “Pentingnya Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1 (2019): 448–54.

Rochana, Siti, Lilia Sinta Wahyuniar, and Umi Mahdiyah. “Application of Problem-Based Learning Model to Improve Problem Solving Ability.” Journal of Instructional Mathematics 3, no. 2 (2022): 101–6. https://doi.org/10.37640/jim.v3i2.1542.

Rohiyatun, Baiq, and Sri Erni Mulyani. “Hubungan Prosedur Manajemen Kelas Dengan Kelancaran Proses Belajar Mengajar.” Jurnal Pendidikan Mandala 2, no. 2 (2017): 92–99.

Savriliana, Vina, Kori Sundari, and Yudi Budianti. “Media Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (2020): 1160–66. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.517.

Suardana, Putu. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru.” Journal of Education Action Research 3, no. 3 (2019): 270. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17974.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sulaiman, Astutik. “Penerapan Media Permainan Dakon Dalam Peningkatan Hasil Belajar Berhitung Siswa Kelas 1 Sd Al-Amin Surabaya.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 1 (2013): 1–7.

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Reza Aprilia Resterina, Makbul Muksar, and Insih Kawedhar. “Peningkatan Pemahaman Konsep FPB Dan KPK Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Dakon FK Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sumberingin”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (June 10, 2023): 102–115. Accessed June 19, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1104.