Hubungan antara Sertifikasi Pendidik dan Profesionalisme Tenaga Pendidik

Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Bandung

Authors

  • Kasmin Anhar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nifasri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Shibghatulloh M Ridho UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.51339/akademika.v5i2.1271

Keywords:

Sertifikasi, Profesionalisme, Tenaga pendidik, Madrasah

Abstract

Di era modern saat ini Pendidikan disekolah sekolah merupakan satu komponen yang sangat penting, harus terencana, terarah dan dapat membina potensi siswa dalam menguasai ilmu pengetahuan. Untuk dapat mewujudkan itu semua dibutuhkannya tenaga pendidik yang profesional terampil dan memiliki kualifikasi dan kompetensi, ditandai dengan diberikannya sertifikat sebagai tanda bahwa pendidik telah memenuhi persyaratan dan lulus uji kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Sertifikasi Pendidik dan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan Hubungan antara Sertifikasi Pendidik dan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bandung memperoleh nilai yaitu 0,75 artinya bahwa variabel x dengan variabel y memiliki korelasi dengan derajat hubungan pada tingkat kekuatan yang “Kuat” karena berada pada kategori 0,61 s/d 0,80 dan bentuk hubungannya positif. Dikatakan positif karena semakin tinggi tingkat Sertifikasi Pendidik makan semakin tinggi juga Profesionalisme Tenaga Pendidik. Kemudian R Square (R2) atau nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,330 ini menunjukan persentase hubungan variabel (X) Sertifikasi Pendidik dengan variabel (Y) Profesionalisme Tenaga Pendidik 33%. Hal ini menunjukan hubungan yang diberikan variabel Sertifikasi Pendidik Cukup Tinggi, sedangkan sisanya 67% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell. Reserch Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Journal Of Chemical Information and Modeling, 2018.

Demirkasmoglu. Defining Teacher Professionalism from different perspective.Journal Social and Behavioral Science. 2020.

Desi Nova G. Standar Kompetensi Mengajar Guru. Bogor: Universitas Djuanda, 2021.

Irawan. Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2019.

Mulyasa, Enco. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Rahayu. Pengaruh Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja Terhadaap Komitmen Kerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model. Medan: Tesis Program Magister, 2020.

Suyatno. Panduan Sertifikasi Guru. Jakarta: Indeks, 2007.

Downloads

Published

02-12-2023

How to Cite

Kasmin Anhar, Nifasri, and Shibghatulloh M Ridho. “Hubungan Antara Sertifikasi Pendidik Dan Profesionalisme Tenaga Pendidik : Penelitian Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bandung”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (December 2, 2023): 182–194. Accessed May 4, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1271.