Hubungan antara Sertifikasi Pendidik dan Profesionalisme Tenaga Pendidik
Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.51339/akademika.v5i2.1271Keywords:
Sertifikasi, Profesionalisme, Tenaga pendidik, MadrasahAbstract
Di era modern saat ini Pendidikan disekolah sekolah merupakan satu komponen yang sangat penting, harus terencana, terarah dan dapat membina potensi siswa dalam menguasai ilmu pengetahuan. Untuk dapat mewujudkan itu semua dibutuhkannya tenaga pendidik yang profesional terampil dan memiliki kualifikasi dan kompetensi, ditandai dengan diberikannya sertifikat sebagai tanda bahwa pendidik telah memenuhi persyaratan dan lulus uji kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Sertifikasi Pendidik dan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan Hubungan antara Sertifikasi Pendidik dan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bandung memperoleh nilai yaitu 0,75 artinya bahwa variabel x dengan variabel y memiliki korelasi dengan derajat hubungan pada tingkat kekuatan yang “Kuat” karena berada pada kategori 0,61 s/d 0,80 dan bentuk hubungannya positif. Dikatakan positif karena semakin tinggi tingkat Sertifikasi Pendidik makan semakin tinggi juga Profesionalisme Tenaga Pendidik. Kemudian R Square (R2) atau nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,330 ini menunjukan persentase hubungan variabel (X) Sertifikasi Pendidik dengan variabel (Y) Profesionalisme Tenaga Pendidik 33%. Hal ini menunjukan hubungan yang diberikan variabel Sertifikasi Pendidik Cukup Tinggi, sedangkan sisanya 67% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Downloads
References
Creswell. Reserch Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Journal Of Chemical Information and Modeling, 2018.
Demirkasmoglu. Defining Teacher Professionalism from different perspective.Journal Social and Behavioral Science. 2020.
Desi Nova G. Standar Kompetensi Mengajar Guru. Bogor: Universitas Djuanda, 2021.
Irawan. Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2019.
Mulyasa, Enco. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Rahayu. Pengaruh Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja Terhadaap Komitmen Kerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model. Medan: Tesis Program Magister, 2020.
Suyatno. Panduan Sertifikasi Guru. Jakarta: Indeks, 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kasmin Anhar, Nifasri, Shibghatulloh M Ridho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.