Manajemen Risiko dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan di SMA Madina Citra Insani
DOI:
https://doi.org/10.51339/akademika.v5i2.1350Keywords:
Risiko, Manajemen Risiko, Mutu PendidikanAbstract
Seiring pertumbuhan dan kemajuan pendidikan saat ini, berbagai tantangan yang hadir dapat menjadi risiko tersendiri bagi sebuah lembaga dalam mencapai tujuannya. Begitupun dengan dunia pendidikan, risiko menjadi hal yang tidak dapat dihindari oleh lembaga pendidikan. Oleh karenanya dibutuhkan strategi untuk mengelola risiko agar tidak menimbulkan dampak yang mengganggu keberlangsungan proses pembelajaran dan mempengaruhi mutu pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan guna memberikan gambaran terkait manajemen risiko dalam mempertahanan mutu pendidikan di SMA Madina Citra Insani. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif dengan jenis penelitian desktriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipan, wawancara semi terstrukur, dan dokumentasi. Penjaringan informan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan Model Miles, Huberman, dan Saldana. Sedangkan guna menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen risiko dalam mempertahankan mutu pendidikan di SMA Madina Citra Insani dilakukan melalui empat tahap, yakni tahap identifikasi risiko, tahap pengukuran risiko, tahap pengendalian risiko, dan tahap evaluasi risiko.
Downloads
References
Arifin, B. “Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik.” Falasfia : Jurnal Studi Keislaman 9, no. 2 (2018): 1–20.
Arifudin, O., U. Wahrudin, and F. D Rusmana. Manajemen Risiko. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2020.
Dewa Made Dwi Kamayuda. “Perencanaan Strategi Bersaing Sekolah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Baru Di Salah Satu Sekolah Swasta Salatiga.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (2016): 15–29.
Idrus, L. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9, no. 2 (2019): 920–935.
Izami, Fatkun Nizar. “Implementasi Pengendalian Risiko Untuk Meminimalisasi Kerugian.” Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi 4, no. 2 (2022): 62–74.
Karwati, and D. J Priansa. Kinerja Dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah Yang Bermutu. Bandung: Alfabeta, 2013.
Khudriyah. Metodologi Penelitian Dan Statistik Pendidikan. Malang: Madani, 2021.
Lokobal, Arif, Marthin DJ Sumajouw, and Bonny F Sompie. “Manajemen Risiko Pada Perusahaan Jasa Pelaksana Konstruksi Di Provinsi Papua (Studi Kasus Di Kabupaten Sarmi).” Jurnal Ilmiah Media Engineering 4, no. 2 (2014): 109–118.
Mashudi, Moh. “Strategi Humas Untuk Memperbaiki Citra Lembaga Pendidikan.” Jurnal Al-Fikri 3, no. 1 (2020): 13–29.
Munawwaroh, Z. “Analisis Manajemen Risiko Pada Pelaksanaan Program Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Administrasi Pendidikan 24, no. 2 (2017): 71–79. https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.8295.
Nasrudin, and Maryadi. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran Di SD.” Jurnal Manajemen Pendidikan 13, no. 1 (2018): 15–23.
Rukajat, Ajat. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Cetakan Pe. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Sajadi, Dahrun. “Komponen Proses Pembelajaran Melalui Model, Pendekatan, Strategi, Teknik, Dan Taktik.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2022): 36–48. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v5i2.2319.
Saryanto, Alfi Rochmi, Hatija, Nazaruddin Ali Basyah, Azola Degita Azis, Aditya Wardana, Hikmah Niar, et al. Manajemen Risiko (Prinsip Dan Implementasi). Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2020.
Setiawan, Farid, Cevina Rinda Ardita, Alinda Syarofah, and Muhammad Zaki. “Manajemen Risiko Di MI Muhammadiyah Kenteng.” Leaderia: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2021): 62–70.
Setiawan, Farid, Ambar Wati Ningsih, Herpin Nurgiansyah, and Ilham Abdur Rohman. “Prosedur Aktualisasi Manajemen Risiko Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendididikan.” Tsaqofah Jurnal Penelitian Guru Indonesia 2, no. 2 (2022): 204–214.
Subagyo, A, R Simanjutak, and A Irianto. Dasar-Dasar Manajemen Risiko. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2020.
Subekti, H, and S Nur’aini. “Manajemen Resiko Di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.” Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman II, no. 2 (2019): 214–231.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Winoto, S. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Helda Yusfarina Anggraini, Akhmad Muadin, Mukhamad Ilyasin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.