Sudut Pandang Pendidikan Islam Terhadap Desa Kayukebek Sebagai Desa Moderasi Beragama
Keywords:
Pendidikan Islam, Moderasi beragamaAbstract
Penelitian ini membahas peran penting moderasi beragama yang dilihat melalui prospektif pendidikan agama Islam. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif, dengan sumber data kajian kepustakaan. Adapun teknik analisis data adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa moderasi beragama mengacu pada pendekatan seimbang dalam pemahaman dan praktik ajaran agama, dengan tujuan toleransi, harmoni, dan keragaman masyarakat.Pendidikan agama Islam yang moderat mencakup pembelajaran nilai inklusif, penekanan pada nilai universal, dialog antar agama, dan penghargaan terhadap keberagaman untuk mencegah ekstremisme, mengajarkan nilai kemanusiaan, dan membantu pelajar beradaptasi dengan perubahan zaman tanpa mengorbankan prinsip agama dengan pendidik dan lembaga pendidikan yang mempromosikan sikap moderat. Sehingga ajaran agama sebagai sumber kedamaian dan persatuan masyarakat dapat menciptakan pemahaman tentang makna agama yang menghargai perbedaan.. Hal ini dibuktikan studi kasus di Desa kayukebek dengan harmoni beragama dan kerukunan di Indonesia yang dapat menjadi teladan dan inspirasi bagi masyarakat lain.
Downloads
References
Alfiyanto, A., dkk. 2023. Peran Pendidikan Agama Islam dalam Memperkuat Moderasi Beragama di Indonesia. Realita: Jurnal Pendidikn dan Kebudayaan Islam, 21(1). http://jurnallppm.iainkediri.ac.id/index.php/realita/article/download/148/141/340
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Faozan, A. 2020. Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam untuk Masyarakat Multikuktural. Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 219-228). https://journal.alhikmahjkt.ac.id/index.php/HIKMAH/article/download/170/pdf
Faizin, N. Dkk. 2022. Pentingnya Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. http://conference.um.ac.id/index.php/SNPAI/article/download/3265/1813
Habibie, M. L. H. Dkk. 2021. Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 121-150. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/moderatio/article/download/3529/2377
Harmi, Hendra. 2022. "Analisis Kesiapan Program Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah/madrasah." JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 7 (1): 89. doi:10.29210/021748jpgi0005.
Khansa, A. M. 2022. Moderasi Beragama dalam Dunia Pendidikan. https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/2059/ALYA%20MUTIARA%20KHANSA-5A%20PAI-12001015-PPMDI%20JURNAL.pdf?sequence=1
Suryadi, R. A. (2022). "Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam." Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, Vol. 20, N(11), 12-26.
Syarif, D. (2021). Mengatasi Intoleransi Beragama: Sebuah Tawaran Moderasi Beragama Perspektif Syiah. Jurnal Sosiologi Agama, 15(2), 227. https://doi.org/10.14421/jsa.2021.152-05.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hufron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.