Evaluasi Kebijakan terhadap Inconsequent Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran

Authors

  • Khoirul Anwar Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/akademika.v5i2.1592

Keywords:

Evaluasi Kebijakan, Supervisi Pendidikan, Kepala Madrasah

Abstract

Evaluasi kebijakan supervisi pendidikan bertujuan melihat sejauh mana keberhasilan dari peran kompetensi supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah, karena mutu pembelajaran bisa ditingkatkan apabila kepala madrasah mampu menjalankan kegiatan supervisi dengan baik, penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologik karena ingin melihat bagaimana sesungguhnya apakah kepala madrasah sudah menerapkan kompetensi supervisi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kegiatan supervisi dengan hasil Kualitas Supervisi yang sudah berjalan masih belum maksimal dimana evaluasi menunjukkan bahwa supervisi yang dilakukan belum mencapai standar kualitas yang diharapkan, faktor utama adalah minimnya kegiatan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah dan belum memilki kapasitas yang memadai sebagai supervisor, sehingga dalam meningkatkan mutu pembelajaran kegiatan supervisi menjadi hal yang harus dilakukan untuk mengukur ketercapaian tujuan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Khoirul. “Supervisi Pendidikan Antara Formalis Dan Esensialis.” Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 4, no. 2 Desember (2022): 147–58.

Aprida, Yopi, Happy Fitria, and Nurkhalis Nurkhalis. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru.” Journal of Education Research 1, no. 2 (2020): 160–64. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16.

Dhogi, Elisabeth. “Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SDN Hedhazita Desa Sarasedu I Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada.” Jurnal Literasi: Pendidikan Dan Humaniora Volume 8, no. 1 Maret (2023): 39–45.

Echols, John M., and Hassan Shadily. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Fiddari, Nur Khijja. “Manajmen Supervisi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru PAI Di MAS Al Mahrusiyah.” In Prosiding Seminar Nasional Quo Vadis Lembaga Pendidikan Berbasis Pesantren Dalam Mengimplementasikan Merdeka Belajar Program, 2:375–80. Kediri: Pascasarjana Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, 2023.

Kartini, Kartini, and Susanti Susanti. “Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pembelajaran.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 4, no. 2 (2019): 160. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2905.

Kristiawan, Muhammad, Yuyun Yuniarsih, Happy Fitria, and Nola Refika. Supervisi Pendidikan. Edited by Yuyun Yuniarsih. Bandung: Alfabeta, 2019.

Ma’sum, Toha, Niken Ristianah, and Asichul In’am. “Supervisi Pendidikan Islam.” Jurnal Kependidikan Islam Volume 12, no. 1 (2022): 100–114. https://doi.org/0.15642/jkpi.2022.12.100.-114.

Mardiati, Poppy Sopiah. “Rangkaian Pelaksanaan Supervisi Mutu Pendidikan Tahun 2022.” BPMP Provinsi DKI Jakarta, 2022.

Mendikbud Ristek Republik Indonesia. Permendikbud Ristek Nomor 40 Tahun 2021 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah (2021).

Menteri Agama Republik Indonesia. Peraturan Menteri Agama Nomor 58 Tahun 2017 tentang Kepala Madrasah (2017).

Muh. Muchlis, Heldy Ramadhan Putra P. “Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management 5, no. Nomor 1, Januari-Juni 2022 (2022): 49–58. https://doi.org/10.31539/alignment.v5i1.3776.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003.

Nasution, Inom, Mela Safitri, Syafitri Halawa, Nur Khotimah, and Syahpan Ramadhan. “Peranan Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” SUBLIM: Jurnal Pendidikan Vol.2, no. 01 April 2023 (2023): 17–26.

Nasution, Inon, Saniah Nurhasanah, Ahmad Raihan Azizi, Cantika Amalia, Hemalia Putri Siregar, Ilham Muhammad Fajar, Manajemen Pendidikan Islam, and Fakultas Ilmu. “Evaluasi Program Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SD Swasta PAB Sampali Medan.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4, no. 1 (2023): 58–67.

Partanto, Pius A., and M. Dahlan Al Barry. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola, 1994.

Purwanto, Ngalim. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.

Rifa’i, Andi Arif. “Supervisi Pembelajaran Sebagai Pengembangan Budaya Mutu Guru.” Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan 4, no. 1 (2018): 35–48. https://doi.org/10.32923/edugama.v4i1.642.

Rohmawati, Opi, Poniah, and Adiyono. “Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” Jurnal Pendidikan Dan Keguruan Volume 1, no. 3 Mei (2023): 108–99.

Sahertian, Piet A. Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Siahaan, Amiruddin, Rizki Akmalia, Lydia Amelia, Ahmad Ardhi, Mauluddin Sitorus, Muhammad Syaukani Siraj, Yusril Ardiansyah, et al. “Mengelola Dan Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Manajemen Lembaga Pendidikan Islam.” Journal on Education 05, no. 03 (2023): 5815–25.

Turmidzi, Imam. “Implementasi Supervisi Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah.” Tarbawi 4, no. 1 (2021): 33–49.

Downloads

Published

02-12-2023

How to Cite

Khoirul Anwar. “Evaluasi Kebijakan Terhadap Inconsequent Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (December 2, 2023): 243–256. Accessed May 4, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1592.