Strategi Pemasaran Jasa Dan Layanan Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Di MTs Negeri Kota Cilegon)

(Studi di MTs Negeri Kota Cilegon)

Authors

  • Anis Fauzi Anis UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Agus Gunawan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Feri Hendri UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

Strategi pemasaran, jasa dan layanan pendidikan, mutu pendidikan

Abstract

Pentingnya pelayanan pendidikan yang bermutu merupakan salah satu masalah yang harus dihadapi di sekolah. Mutu pendidikan menjadi jaminan yang penting bagi madrasah dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan instrumen penelitian: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitiannya yaitu Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, guru dan wali murid/anggota komite sekolah. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan di MTs Negeri Kota Cilegon dalam meningkatkan mutu pendidikan menggunakan dua cara yaitu: (a) pemasaran secara langsung, yaitu dengan cara promosi dan publikasidi media cetak (brousur), dan (b) pemasaran secara tidak langsung, yaitu dengan cara penawaran berbagai kegiatan ekstrakurikuler: seperti mengadakan kegiatan perlombaan yang dilaksanakan di lokasi MTs Negeri Kota Colegon; (2) Layanan pendidikan di MTs Negeri Kota Cilegon dilakukan dalam bentuk layanan pembelajaran, personalia, bimbingan, keuangan, administrasi, kemudian layanan informasi, dan (3) Strategi peningkatan mutu Pendidikan di MTs Negeri Kota Cilegon dilaksanakan dengan memenuhi faktor yang dibutuhkan yaitu: Kepemimpinan Kepala sekolah, guru, peserta didik, kurikulum; dan jaringan kerjasama.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

03-12-2020

How to Cite

Anis, Anis Fauzi, Agus Gunawan, and Feri Hendri. “Strategi Pemasaran Jasa Dan Layanan Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Di MTs Negeri Kota Cilegon): (Studi Di MTs Negeri Kota Cilegon)”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (December 3, 2020): 177–199. Accessed July 13, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/179.