Motivasi dan Kompensasi dalam Meningkatakan Kinerja Guru di MA Darul Ulum Muncar Banyuwangi

Authors

  • Luluk Rosyidatul Umah Universitas KH. Mukhtar Syafa'at Blokagung Banyuwangi
  • Moh. Harun Al Rosid Universitas KH. Mukhtar Syafaat Blokagung Banyuwangi

Keywords:

Motivas, Kompensasi, Kinerja guru

Abstract

Motivasi dan kompensasi mempunyai peran penting untuk meningkatkan kinerja guru. Dengan adanya peningkatan pada kinerja guru akan berdampak pada tercapainya tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) motivasi kepala madrasah pada guru MA Darul Ulum Muncar Banyuwangi, (2). kompensasi guru MA Darul Ulum Muncar Banyuwangi, dan (3) kinerja guru MA Darul Ulum Muncar Banyuwangi. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan guru. Analisis data model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas. Validitas data dilakukan dengan trianggulasi. Hasil penelitian (1) Motivasi yang dilakukan kepala madrasah adalah melalui motivasi intrinsik dengan menggugah hati guru terkait kinerja, memberikan reward guru berprestasi, memberikan wewenang, mengingatkan tanggung jawab, mengajak bencmarking, promosi/kenaikan jabatan, memotivasi keberhasilan guru. Motivasi ekstrinsik dengan memberikan gaji berdasarkan kemampuan madrasah (yayasan), insentif bagi guru yang mempunyai tugas tambahan, mengadakan pelatihan, monitoring dan evaluasi selama 6 bulan sekali dan  kebijakan memberikan penghargaan. (2) Kompensasi di MA Darul Ulum yaitu kompensasi finansial dilihat dari gaji yang disesuaikan kinerja guru. Sedangkan kompensasi dalam bentuk non finansial atau tambahan guru di MA Darul Ulum dapat membuat soal, kisi kisi soal, daftar nilai awal, dan akhir hasil ujian, mendapatkan tambahan jika dapat mengerjakan tugas. (3) Kepala madrasah selalu memotivasi dan mengevaluasi kinerja guru. untuk mendorong kinerja guru: menentukan prioritas; berpartisipasi secara aktif; rencana kerja tim.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian, M. Yusuf., MSDM dalam Organisasi. Bandung: Widia Bhakti Persada, 2022.

Al Rosid, M. H., & Ayudin, E. R. “Implementasi Manajemen Mutu Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di MTs. Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi”. Jurnal Tarbiyatuna, 2(2). 2022.

Al Rosid, M.H., Mukarromah, M. “Korelasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru”. Jurnal Tarbiyatuna, 1(2). 2020.

Buchori, Uuh., Kultsum, Umi. dan Rodani, “Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Mutu Pendidikan”, Jurnal Akademika, 4 (2), 2022.

Creswell John W. dan J. David Creswell. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Long Angels : SAGE Publication. Inc. 2017.

Enny W. Mahmudah, dan Siswati, E., Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: Ubhara Manajemen Press, 2017.

Fithrie, Souvya, Reni F. dan Masirun, ”Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Perpajakan Riau”. Universitas Lancang Kuning, 2022.

Haryono, Siswoyo. Manajemen Kinerja SDM. Jakarta timur, 2018.

Hasibuan, Malayu S.P., Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2020.

Kusuma, Dedy. “Pentingnya Komunikasi Organisasi, Motivasi Kerja Dan Kompensasi Untuk Meningkatkan Kinerja Guru”, Jurnal MIX, VI, 2, 2015.

K.Yin. Robert, Case Study Research and Aplication; Design and Methods Sex Edition. Los Angeles: Sage Publication. 2018.

Muhith, Abd., Baitulah, Rahmad, dan Wahid, Amirul. Metodologi Penelitian. Jokjakarta: Bildung. 2020.

Rasyid, Andi. “Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru pada SMA Swasta Perkumpulan Amal Bakti 4 Sampali Medan”. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3, 1, (2020): 3.

Rivai, Veithzal. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta : Rajawali Press, 2011.

Setiono, Beni, A., Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2020.

Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, Kencana, 2009.

Tsauri, Sofyan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jember: STAIN Pers, 2013.

Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Yamin, Martinis. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta : Gedung Persada Press, 2003.

Downloads

Published

20-06-2024

How to Cite

Rosyidatul Umah, Luluk, and Moh. Harun Al Rosid. “Motivasi Dan Kompensasi Dalam Meningkatakan Kinerja Guru Di MA Darul Ulum Muncar Banyuwangi”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (June 20, 2024): 31–44. Accessed July 3, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/2167.