Strategi Kepala Sekolah dalam Mendorong pelaksanaan Implementasi Program Guru Penggerak

Authors

  • Rini Astuti UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar
  • Jamilus UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar

Keywords:

Strategi kepala sekolah, Implementasi program guru penggerak

Abstract

 Penelitian berawal terjadinya prokontra antara guru penggerak dengan guru biasa sehingga menganggu keharmonisan sisekolah. Penilitian ini bertujuan untuk Menyelidiki strategi konkret yang digunakan oleh kepala sekolah dalam mendukung pelaksanaan implementasi program guru penggerak. Metoda penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara. Pelaksanaan dilakukan di SMPN 22 Sijunjung dengan mewawancarai kepala sekolah dan dua orang guru yang sudah lulus pendidikan guru penggerak. Hasil penelitian sudah menunjukan bahwa strategi kepala sekolah sudah mampu melaksanakan implementasi program guru pemggerak seperti pemberian motivasi kepala sekolah sehingga terdapat semakin banyaknya guru yang mengikuti program guru penggerak. Kepala sekolah juga memfasilitasi guru penggerak dalam mempelopori dan melaksanakan komunitas belajar baik dalam sekolah maupun luar sekolah, pelaksanaan pembelajaran differensiasi untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa, merancang program kepemimpinan berdampak pada siswa melalui pemilihan ketua OSIS. Walaupun ada kendala yang dihadapi, guru penggerak sudah menunjukan perubahan yang signifikan mulai pengembangan kompetensi, proses pembelajaran bahkan mengembangkan teman sejawat melalui berbagi praktek baik

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yusak Yokoyam, Bernadetha Nadeak, dan Hotmaulina Sihotang. “IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU PENGGERAK.” Jurnal Dinamika Pendidikan 16, no. 2 (2023): 187–200.

Alfatiah. “Manajemen Program Guru Penggerak sebagai Peningkatan Profesionalisme Guru Pada Dinas Pendidikan.” Universitas Islam Negeri Prof K.H Syaifudin Zuhri, 2022.

Amelia, Yasmi. “Strategi Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Program Guru Penggerak Di MTs Negeri 1 Langkat.” Khazanah 2, no. 57 (2023): 29–38.

Andi Nurhaedah, Surni Kadir. “Motivasi Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Iklim Kerja Di Madrasah Aliyah DDI Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli.” JEMIL Journal of Educational Management and Islamic Leadership 04, no. 01 (2024): 1–15.

Anisa, Citra Ayu. “Konsep Kepemimpinan Otoriter Dalam Lembaga Pendidikan Di Sekolah atau Madrasah” 1, no. 2 (2020): 155–73.

Banun, Sri, Yusrizal, dan Nasir Usman. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar.” Jurnal Administrasi Pendidikan 4, no. 1 (2016): 138.

Damayanti, Devi, Masduki Asbari, dan Arbiatul Zaharantika. “Guru Penggerak : Pengembangan Pendidikan melalui Kepemimpinan Guru” 03, no. 02 (2024): 5–10.

Ichsan, Aulia Sofianora, Desy, Yayat Suharyat, Tomi Apra Santosa, dan Agus Supriyadi. “Pengaruh Profesionalitas Guru Matematika Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Era Revolusi Industri 5.0 Di Indonesia: Sebuah Meta-Analisis.” Jurnal Math-UMB.EDU 10, no. 2 (2023): 49–58. doi:10.36085/mathumbedu.v10i2.4868.

Kurniawan, Asep. Metedologi Penelitian Pendiddikan. 1 ed. Bandung: Remaja Rosda karya, 2018.

Lestari, Desy. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Indralaya Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir,” 2024, 559–67.

Maemunah , Ahmad Hakim, Surani St. “Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Indonesian Journal of Learning Education and Counseling 6, no. 1 (2023): 28–33. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3786%0Ahttps://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/download/3786/2741.

Mairizal, Mairizal. “Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Sma Negeri 1 Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 2, no. 1 (2018): 14. doi:10.31004/jpt.v2i1.589.

Sahir, Syafrida Hafni. Metodologi Penelitian. 1 ed. Medan: KBM Indonesia, 2022.

Santosa, Achadi Budi Santosa. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.” Perspektif Pendidikan dan Keguruan 13, no. 1 (2022): 14–20. doi:10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9004.

Sihaloho, Nelson. “Guru Penggerak Munculkan Dikotomi?” Bungo News, 2023. https://bungonews.net/2023/07/26/guru-penggerak-munculkan-dikotomi/.

Sijabat, Oslen Parulian, Maria Marta Manao, Asima Rohana Situmorang, Agusmanto Hutauruk, dan Simon Panjaitan. “Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak.” Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) 2, no. 1 (2022): 130–44. doi:10.46229/elia.v2i1.404.

Sorta Corie Ivana Panjaitan, Izwita dewi, dan Elmanani Simamora. “Implementasi Ideologi Pendidikan Matematika pada Pendidikan Guru Penggerak” 9, no. 1 (2024): 325–32.

Sugiyono, M.Chabib. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. 25 ed. Bandung: Alfabeta, 2017.

Susanti, Santi, Bukman Lian, Yenny Puspita, dan Kepala Sekolah. “Implementasi Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik” 4 (2020): 1644–57.

Triastuti, Umiyatun Hayati. “Program Pendidikan Guru Penggerak, Efektifkah?: Sebuah Ulasan pada Kerangka Pengembangan Profesional Guru.” Jurnal Widyaiswara Indonesia 4, no. 2 (2023): 17–26. http://www.ejournal.iwi.or.id/ojs/index.php/iwi/article/view/130%0Ahttp://www.ejournal.iwi.or.id/ojs/index.php/iwi/article/download/130/88.

Downloads

Published

20-06-2024

How to Cite

Rini Astuti, and Jamilus. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Mendorong Pelaksanaan Implementasi Program Guru Penggerak”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (June 20, 2024): 69–84. Accessed July 3, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/2193.