Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam: Kajian pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Lebong
DOI:
https://doi.org/10.51339/akademika.v6i1.2211Keywords:
Manajemen Mutu, Peningkatan Mutu Madrasah, Madrasah AliyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana MAN 2 Lebong telah mengembangkan sistem manajemen mutunya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode triangulasi dalam bentuk meninjau sumber primer dan sekunder yang relevan. Penelitian ini menjelaskan bahwa manajemen mutu madrasah dimulai dengan memiliki kerja tim yang berkualitas dengan peran dan tanggung jawab yang terstruktur untuk meningkatkan mutunya dalam menghadapi persaingan global. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengembangan manajemen mutu pendidikan dapat dilakukan melalui siklus penjaminan mutu PPEPP, yaitu: 1). Perencanaan program yang dirumuskan dengan pemangku kepentingan. 2). Pelaksanaan rencana kerja oleh kepala madrasah yang bertanggung jawab, 3). Pengawasan, evaluasi dan pengendalian dilakukan secara objektif dan terus-menerus berdasarkan standar nasional, dan 4). Proses perbaikan manajemen perubahan mutu. Madrasah yang unggul dan berkualitas adalah madrasah yang mampu bersaing dengan siswa di luar madrasah dan memiliki karakter serta nilai moral yang baik. Dengan menciptakan sistem penjaminan mutu berdasarkan ISO 9001: 2008, MAN 2 Lebong, secara teori, telah menerapkan model manajemen mutu, menurut temuan penelitian sementara ini. Namun, sistem tersebut hanya berfungsi sebagai pedoman dan persyaratan untuk sertifikasi, dan belum sepenuhnya berkembang menjadi dasar pelaksanaan proses pendidikan yang tepat yang akan menjadikannya faktor yang relevan dan titik acuan untuk meningkatkan hasil pendidikan yang berkualitas. Sebaliknya, sistem ini terutama berfungsi sebagai sarana menarik perhatian pengguna jasa pendidikan.
Downloads
References
Ahmad Gunawan. “Pengembangan Manajemen Mutu Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Madrasah.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 5, no. 4 (2022): 298–305. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.382.
Akhyar, Y. “Faktor-Faktor Penghambat Implementasi Manajemen Mutu Dalam Pendidikan Islam Di Marasah Aliyah Swasta.” Journal of Education Research 5, no. 1 (2024): 711–17.
Alhajj, Irfan Qowwiyul Aziz. “Manajemen Mutu Pembelajaran Al-Quran Di SMA Islam Al-Azhar BSD.” Statement 12, no. 1 (2022): 44–54.
Apud. “Manajemen Mutu Pendidikan MAN Insan Cendekia.” Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4, no. 2 (2018).
Hasnadi. “Total Quality Management: Konsep Peningkatan Mutu Pendidikan.” SAP 6, no. 2 (2021): 143–50.
Herawan, E., D. A. Kurniady, and Sururi. “Development of Education Quality Management Model at Vocational Schools in Bandung.” Jurnal Penelitian Pendidikan UPI 14, no. 2 (2014): 199–208.
Herawan, Endang. “Pengendalian Mutu Pendidikan: Konsep Dan Aplikasi.” Jurnal Administrasi Pendidikan 13, no. 1 (2011): 1–9.
Karisma, Linda Ayu, and Isna Faridatun Nadziroh. “Manajemen Mutu Perubahan Dalam Peningkatan Kualitas Lembaga Pendidikan Islam Di Madrasah Aliyah Negeri.” Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 9, no. 1 (2023): 29–42. https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i1.3295.
Kuntoro, Alfian Tri. “Manajemen Mutu Pendidikan Islam.” Jurnal Kependidikan 7, no. 1 (2019): 84–97. https://doi.org/10.30821/hijri.v11i2.13072.
Lilawati, Emi. “Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Masa New Normal Di Madrasah Aliyah Negeri.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 8, no. 2 (2022): 157–70.
Mauly, Yolanda, and Neng Gustini. “Implementasi SPMI Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar.” Jurnal Islamic Educational Management 4, no. 2 (2019): 229–44.
Mubarok, Ramdanil. “Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Rabwah 13, no. 01 (2021): 27–44. https://doi.org/10.55799/jalr.v13i01.11.
Muryadi, Agustanico Dwi. “Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi.” Jurnal Ilmiah PENJAS 3, no. 1 (2017): 1–14.
Nursapiah. Penelitian Kualitatif. Kota: Wal Ashri Publishing, 2020.
Pardi, Habib Husnial. Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2005.
Rizka, Nurul. “Penerapan Planning, Organizing, Actuating, Dan Controlling Di UPTD Dikpora Kecamatan Jepar.” Jurnal Ekonomi Bisnis Kontemporer 3, no. 2 (2017): 90–104.
Sa’diyah, Halimatus. “Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia.” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (2018): 101. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i2.329.
Sallis, Edward. Total Quality Manajemen In Education: Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCisod, 2008.
Setyo, Sri, Mudhofir, and Siti Choiriyah. “Manajemen Mutu Lembaga Pendidikan Berprestasi Pada Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7, no. 1 (2021): 266–74.
Siburian, Tiur Asi. METODOLOGI PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN. Medan: UNIMED, 2013.
Siswopranoto, Mokh. Fakhruddin. “Standar Mutu Pendidikan.” Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (2022): 17–29.
Stoner, A A F, and C Winkel. Perencanaan Dan Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Suprijono, Agus. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya, 2011.
Syaefudin, Syaefudin. “IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU (MMT) PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus Di MI Unggulan Ash-Siddiqiyyah 3 Purworejo).” Jurnal Pendidikan Agama Islam 15, no. 2 (2018): 150–68. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.152-09.
Zulkarnain. Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Belajar, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zulkarnain Zulkarnain, Irfan Qowwiyul Aziz Alhajj, Hamengkubuwono Hamengkubuwono, Kurniawan Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.