Efektivitas Kebijakan Bantuan Kinerja dan Afirmasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Khoirul Anwar Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/akademika.v6i1.2254

Keywords:

Bantuan Kinerja dan Afirmasi, Mutu pendidikan

Abstract

Kebijakan Bantuan Kinerja dan Afirmasi (BKBA) telah menjadi strategi penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah di Indonesia. Namun, evaluasi mendalam terhadap efektivitas kebijakan ini masih terbatas, terutama dalam konteks madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi celah tersebut dengan mengevaluasi efektivitas BKBA dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIS Miftahul Ulum Taman Kayu Kebek Tutur Pasuruan. Melalui pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, penelitian ini menyoroti hasil evaluasi menggunakan aplikasi https://erkam.kemenag.go.id/ yang mencapai Skor Kinerja Mutu Pencapaian (SKPM) 59.6, menunjukkan pencapaian yang memadai namun masih memerlukan peningkatan. Penerimaan dana Bantuan Kinerja dan Afirmasi sebesar Rp. 150.000.000 memberikan dorongan dalam pengembangan madrasah digital dan peningkatan fasilitas belajar. Implikasi penelitian ini adalah pemahaman mendalam tentang pentingnya insentif dan dukungan dalam mencapai standar mutu yang diharapkan, sambil mempertimbangkan aspek etis dan sosial dalam penggunaan teknologi digital dalam konteks pendidikan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih efektif dan berkelanjutan di madrasah serta konteks pendidikan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batra, Parika, Punya Pillai, and Priya Kaim. “Quality Education from Teachers’ Perspective.” RESEARCH REVIEW International Journal of Multidisciplinary 8, no. 6 (2023): 44–52. https://doi.org/10.31305/rrijm.2023.v08.n06.007.

Direktorat Guru Dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Menengah Dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, and KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Pedoman Pemberian Penghargaan Guru Dan Kepala Sekolah Dedikatif, Inovatif, Dan Inspiratif (2020).

Firman, Firmansah, and Ida Bagus Putu Arnyana. “Analysis of Basic Education Policies Related to Facilities and Infrastructure.” International Journal of Contemporary Studies in Education (IJ-CSE) 2, no. 1 (2023): 73–77. https://doi.org/10.56855/ijcse.v2i1.306.

Hadi, Edi Nanang Sofyan. “Change and Development of A Quality Culture In Madrasah.” Journal of Quality Assurance in Islamic Education (JQAIE) 3, no. 1 (2023): 13–21. https://doi.org/10.47945/jqaie.v3i1.955.

Herianto. “Implementasi Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkanpelayanan Pendidikan Di Mts Negeri Kota Pasuruan.” Jurnal Diklat Keagamaan 16, no. 1, Januari-Juni (2023): 100–111. https://doi.org/https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i1.412.

John, Creswell W. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Kementerian Agama Republik Indonesia. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2261 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Madrasah Tahun Anggaran 2023 (2023).

Kementerian Agama RI. “Aplikasi EDM,” 2022. https://edm-fe.erkam-v2.kemenag.go.id/login.

Kusnanto, Najib, Agus Sukristyanto, and Achluddin Ibnu Rochim. “Relevance Of National Education Policies As An Effort To Improve The Quality Of Madrasah Tsanawiyah Education Services.” The Spirit of Society Journal 6, no. 2 (2023): 136–51. https://doi.org/10.29138/scj.v6i2.2210.

Maryani. “Kemenag Salurkan Rp811 Miliar Bantuan Afirmasi Dan Kinerja Untuk 5.693 Madrasah.” Kementerian Agama Republik Indonesia, 2023. https://kemenag.go.id/nasional/kemenag-salurkan-rp811-miliar-bantuan-afirmasi-dan-kinerja-untuk-5-693-madrasah-5LnXt.

Masyfu, Jiddy. Kebijakan Pemerintah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidik Pendidikan Agama Islam, issued 2024.

Nandang Mustafa, Ade. “Reflection on the Latest Pisa Results of Indonesia.” International Journal of Advanced Research 11, no. 05 (2023): 1223–28. https://doi.org/10.21474/ijar01/16988.

Runtuwene, Noldy Nofri, Marthinus Mandagi, and Abdul Rahman Dilapanga3. “Implementation of the Affirmation School Operational Cost Policy at SMP Negeri 3 Suluun Tareran, South Minahasa.” Technium Social Sciences Journal 27, no. Januari (2022): 14–25. https://techniumscience.com/index.php/socialsciences/article/view/5546.

Siahaan, Amiruddin, Rizki Akmalia, Yuli Amelia, Tiwi Wulandari, Suhada Aulia Fahra Hrp, and Khadijah Pasaribu. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan.” Journal on Education 5, no. 2 (2023): 3840–48. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1068.

Susanto, Triana, and Suhartono. “The Effectiveness Of School Operational Assistance Program Implementation In Improving Teacher Performance And Education Quality In Elementary Schools.” Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh 23, no. 1 (2022): 20–29.

Downloads

Published

30-06-2024

How to Cite

Khoirul Anwar. “Efektivitas Kebijakan Bantuan Kinerja Dan Afirmasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (June 30, 2024): 155–167. Accessed December 22, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/2254.