Pengaruh Pola Asuh Wali Siswa dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Berbasis Pesantren
Keywords:
Lingkungan Belajar, Motivasi belajar, Pola Asuh Orang TuaAbstract
Penelitian ini ingin mengetahui apakah ada pengaruh pola asuh wali siswa dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan dalam penelitian ini dengan menggunakan desain penelitian korelasi. Populasi sebanyak 24 siswa kelas XI-2 SMA IT Asy-Syadzili Pakis Malang. Jumlah sampel sebanyak 24 siswa dengan teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini kuesioner dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi statistik, uji normalitas, uji linieritas yang dilakukan sebagai uji pendahuluan hipotesis, uji t, dan uji F sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh wali siswa berpengaruh pada motivasi belajar berdasarkan hasil uji t diperoleh hasil t hitung = 2,351 > t tabel = 2,073. Sedangkan lingkungan belajar berpengaruh pada motivasi belajar berdasar hasil uji t yang mempunyai hasil t hitung = 6,663 > t tabel = 2,073. Terdapat Pada uji F pola asuh orang tua dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar diperoleh F hitung 114,202 > 3,467 yang berarti F hitung > F tabel, sehingga lingkungan belajar dan pola asuh orang tua secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XI-2 SMA IT Asy-Syadzili Pakis Malang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Mubarok
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.