Pengaruh Pola Asuh Wali Siswa dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Berbasis Pesantren

Authors

  • Ahmad Mubarok Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Lingkungan Belajar, Motivasi belajar, Pola Asuh Orang Tua

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui apakah ada pengaruh pola asuh wali siswa dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan dalam penelitian ini dengan menggunakan desain penelitian korelasi. Populasi sebanyak 24 siswa kelas XI-2 SMA IT Asy-Syadzili Pakis Malang. Jumlah sampel sebanyak 24 siswa dengan teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini kuesioner dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi statistik, uji normalitas, uji linieritas yang dilakukan sebagai uji pendahuluan hipotesis, uji t, dan uji F sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh wali siswa berpengaruh pada motivasi belajar berdasarkan hasil uji t diperoleh hasil t hitung = 2,351 > t tabel = 2,073.  Sedangkan lingkungan belajar berpengaruh pada motivasi belajar berdasar hasil uji t yang mempunyai hasil t hitung = 6,663 > t tabel = 2,073. Terdapat Pada uji F pola asuh orang tua dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar diperoleh F hitung 114,202 > 3,467 yang berarti F hitung > F tabel, sehingga lingkungan belajar dan pola asuh orang tua secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XI-2 SMA IT Asy-Syadzili Pakis Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

06-12-2024

How to Cite

Ahmad Mubarok. “Pengaruh Pola Asuh Wali Siswa Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Berbasis Pesantren”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 2 (December 6, 2024): 253–265. Accessed January 22, 2025. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/2272.