Rancang Bangun Game “Alpha Master” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Membaca dan Menulis Kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta

Authors

  • Catur Catur Wijayanto Universitas Slamet Riyadi
  • Anita Trisiana Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Yudhistiro Pandu Widhoyoko Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Keywords:

Game, Android, Media Pembelajaran, Alpha Master

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan game “Alpha Master” berbasis android sebagai media pembelajaran membaca dan menulis kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta, selain itu untuk mengetahui tanggapan dari guru tersebut terkait game “Alpha Master” berbasis android sebagai media pembelajaran membaca dan menulis kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta. Peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Dengan validasi kelayakan oleh ahli media, ahli materi, dan guru wali kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta. Analisis data menggunakan skala likert untuk mengetahui skor presentase kelayakan media serta melewati pengujian Blackbox Testing. Hasil dari penelitian ini kelayakan dari game “Alpha Master” berbasis android sebagai media pembelajaran membaca dan menulis kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta, menurut penilaian ahli media mendapatkan presentase kelayakan sebesar 86% dengan kategori sangat layak, oleh ahli materi mendapatkan presentase kelayakan 88% dengan kategori sangat layak, dan dari guru wali kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta mendapatkan presentase kelayakan sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Game “Alpha Master” berbasis android sebagai media pembelajaran membaca dan menulis kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta mendapat tanggapan dari guru terkait yaitu guru wali kelas 1 yang menyatakan dari hasil angket dengan skor presentase 90% dan tanggapan komentar bahwa “aplikasi sudah bagus, variatif, dan sangat mudah dijalankan sehingga menambah semangat siswa dalam belajar”, maka game “Alpha Master” dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Fibby Syaeful, and Tri Nova Hasti Yunianta. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 7, no. 3 (December 31, 2018): 434. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586.

Abdurrahman Fathoni. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2016.

Andi Kaharuddin dan Nining Hajeniati. Pembelajaran Inovatif & Variatif. Sulawesi Selatan: Pusaka Almaida, 2020.

Deni Darmawan. Inovasi Pendidikan : Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia Dan Pembelajaran Online. Edited by Pipih Latifah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Nirwana, Evi Selva. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android Untuk Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 3 (October 30, 2021): 1811–18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta, 2019.

Downloads

Published

28-06-2024

How to Cite

Catur Wijayanto, Catur, Anita Trisiana, and Yudhistiro Pandu Widhoyoko. “Rancang Bangun Game ‘Alpha Master’ Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Membaca Dan Menulis Kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (June 28, 2024): 119–135. Accessed July 3, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/2407.