Rancang Bangun Game “Alpha Master” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Membaca dan Menulis Kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.51339/akademika.v6i1.2407Keywords:
Game, Android, Media Pembelajaran, Alpha MasterAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan game “Alpha Master” berbasis android sebagai media pembelajaran membaca dan menulis kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta, selain itu untuk mengetahui tanggapan dari guru tersebut terkait game “Alpha Master” berbasis android sebagai media pembelajaran membaca dan menulis kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta. Peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Dengan validasi kelayakan oleh ahli media, ahli materi, dan guru wali kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta. Analisis data menggunakan skala likert untuk mengetahui skor presentase kelayakan media serta melewati pengujian Blackbox Testing. Hasil dari penelitian ini kelayakan dari game “Alpha Master” berbasis android sebagai media pembelajaran membaca dan menulis kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta, menurut penilaian ahli media mendapatkan presentase kelayakan sebesar 86% dengan kategori sangat layak, oleh ahli materi mendapatkan presentase kelayakan 88% dengan kategori sangat layak, dan dari guru wali kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta mendapatkan presentase kelayakan sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Game “Alpha Master” berbasis android sebagai media pembelajaran membaca dan menulis kelas 1 SDIST Ibnu Qoyyim Surakarta mendapat tanggapan dari guru terkait yaitu guru wali kelas 1 yang menyatakan dari hasil angket dengan skor presentase 90% dan tanggapan komentar bahwa “aplikasi sudah bagus, variatif, dan sangat mudah dijalankan sehingga menambah semangat siswa dalam belajar”, maka game “Alpha Master” dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
References
Abdullah, Fibby Syaeful, and Tri Nova Hasti Yunianta. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 7, no. 3 (December 31, 2018): 434. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586.
Abdurrahman Fathoni. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2016.
Andi Kaharuddin dan Nining Hajeniati. Pembelajaran Inovatif & Variatif. Sulawesi Selatan: Pusaka Almaida, 2020.
Deni Darmawan. Inovasi Pendidikan : Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia Dan Pembelajaran Online. Edited by Pipih Latifah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Nirwana, Evi Selva. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android Untuk Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 3 (October 30, 2021): 1811–18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Catur Catur Wijayanto, Anita Trisiana, Yudhistiro Pandu Widhoyoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.