Kebijakan Pendidikan Multikultural: Memahami Pluralisme dalam Konteks Belajar di SMK Erlangga
Keywords:
Pendidikan multikultural, Pluralisme, Kebijakan, Inklusi, KeberagamanAbstract
Pendidikan multikultural sangat penting di masyarakat yang semakin beragam karena memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang pluralitas dan penghargaan terhadap perbedaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendukung penerapan kebijakan pendidikan multikultural untuk meningkatkan pemahaman tentang pluralisme di lingkungan belajar. Pendekatan partisipatif digunakan dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tentang prinsip-prinsip multikulturalisme dalam pendidikan. Program ini melibatkan kegiatan lokakarya, diskusi kelompok terarah, dan penyuluhan dengan partisipasi aktif dari guru, siswa, dan perwakilan komunitas sekolah. Subjek dalam kegiatan ini mencakup guru sebagai fasilitator, siswa sebagai peserta utama, serta komunitas sekolah sebagai pendukung lingkungan belajar multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta lebih memahami prinsip pluralisme dan sekolah lebih siap untuk mengadopsi kebijakan yang mendukung keberagaman. Mereka yang berpartisipasi menunjukkan tanggapan positif terhadap pendekatan yang menghargai perbedaan dan mendorong inklusi. Interaksi antarbudaya yang lebih baik di lingkungan sekolah tercermin dari hal ini. Hasil ini menegaskan bahwa kebijakan pendidikan yang responsif terhadap pluralitas adalah langkah penting menuju masyarakat yang inklusif dan berkeadilan.
Downloads
References
Anggo, A Y, G Santoso, D Wuriani, and ... “Mengidentifikasi Peluang Dan Tantangan Yang Muncul Dari Keragaman Budaya Indonesia Secara Mandiri Dan Critical Thingking.” Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT) 02, no. 04 (2023): 310–31. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/630%0Ahttps://jupetra.org/index.php/jpt/article/download/630/310.
Arfa, Arman Man, and Mohammad Amin Lasaiba. “Pendidikan Multikultural Dan Implementasinya Di Dunia Pendidikan.” Geoforum 1, no. 2 (2022): 36–49. https://doi.org/10.30598/geoforumvol1iss2pp36-49.
Aulia, Nisa, and Atika Susanti. “Peranan Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Siswa Jenjang Pendidikan Dasar.” Primary Education Journal (Pej) 5, no. 1 (2021): 24–30. https://doi.org/10.30631/pej.v5i1.77.
Farohah, Naila Alfi, and Feri Tirtoni. “Pengaruh Model Pembelajaran Multikulturalisme Pada Mapel Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sd.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 5, no. 1 (2024): 165–73. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1460.
Firdaus, Lusiana dan Wanda Alif. “Tantangan Dan Peluang Multikulturalisme Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 2 (2024): 116–25.
Junita, Audia. Leadership Di Era Digital-Kepemimpinan Agile 4.0, 2021.
Junita, Maulida Rezkiani, Abdul Halim, Intan Pandini, and Putri Angelina. “Untuk Menumbuhkan Karakter Toleransi Peserta Didik Di Sdn Pegadungan 01 Pagi,” n.d., 388–93.
M. Yusuf, Moh. Yusuf. “Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Santri Di Pondok Pesantren Buntet.” Tsaqafatuna 5, no. 2 (2023): 134–41. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v5i2.246.
Miles, M B, A M Huberman, and J Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications, 2013. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ.
Munandir, Agus. “Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikultural,” 2015, 6.
Nurhasanah, Siti. “Integrasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Untuk Membentuk Karakter Toleran.” Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal 6, no. 1 (2021): 133–51. https://doi.org/10.51729/6135.
Palipung, Nuhraini, Astuti Darmiyanti, and Ferianto. “Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Inklusi Sd Taman Muda Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta.” Jurnal Kebijakan Pendidikan 5, no. 5 (2016): 558–66.
Rasimin, Rasimin. “Implementasi Model Pembelajaran Multikultural Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa PGMI Di IAIN Salatiga).” Inferensi 11, no. 1 (2017): 141. https://doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.141-162.
Rasyid, A. Ramli Raffli, et al. “Pentingnya Pendidikan Multikultural Dalam Konteks Pancasila Di Masyarakat.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7 (2024): 3648–55.
Rinah. “Pendidikan Multikultural Di Madrasah Aliyah (MA) Diniyah Putri Pekanbaru.” Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg 26, no. 4 (2013): 1–37.
Saing, Siti Aminah, and Gunawan Santoso. “Menjelaskan Peran Budaya Dan Bahasa Dalam Membentuk Identitas Dirinya Melalui Berkhebinekaan Global Dan Creativity Di Kelas 5.” Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT) 02, no. 04 (2023): 595–610. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/download/634/385/2998.
Sumirah, Arsyad, and Sukarno. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Sikap Ilmiah Dan Literasi Sains Siswa.” Journal of Educational Research 2, no. 1 (2023): 79–96. https://doi.org/10.56436/jer.v2i1.215.
Surono, Yudi Eko. “Peran Orang Tua Dalam Membangun Pendidikan Agama Islam Yang Berkualitas Di Pendidikan Agama Islam Merupakan Bagian Integral Dalam Kehidupan Umat Muslim , Dan Memainkan Peran Penting Dalam Membentuk Identitas Keagamaan Individu Dan Masyarakat . Salah Satu .” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama 3, no. 2 (2023).
Syamsudin, Didin, Waang Subangkit, and Supriyadi. “Membangun Jembatan Pendidikan Multikultural: Merayakan Suasana Sekolah Yang Menerima Keberagaman.” Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial 1, no. 2 (2023): 211–21.
Wahab Syakrani Sekolah Tinggi Agama Islam Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, Abdul, Agus Rian Fahlefi Sekolah Tinggi Agama Islam Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, Indonesia Akhmad Aulia Rahman Sekolah Tinggi Agama Islam Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, Indonesia Muhammad Nor Rojali Sekolah Tinggi Agama Islam Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, and Indonesia Rio Rizaldi Sekolah Tinggi Agama Islam Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai. “Model Dengan Sistemisasi Pendidikan Pada Indonesia.” Adiba: Journal of Education 2, no. 4 (2022): 469–78.
Wardani, Indah Kusuma, Aviandri Cahya Nugroho, Bambang Sumardjoko, and Endang Fauzi Ati. “Implementasi Pendidikan Multikultural Dan Relevansinya Dengan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 2 (2024): 2617–26. https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/625%0Ahttps://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/download/625/488.
Widiyanto, Jean Nethania Feby, Ivena Meisa Salsabila, Jonathan Dearmando Saragih, and Moses Glorino Rumambo Pandin. “Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Pluralisme Kaum Muda Di Era Digital.” JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora) 6, no. 2 (2022): 55. https://doi.org/10.30595/jssh.v6i2.12763.
Zumratun. “Interaksi Peserta Didik Dari Berbagai Etnis Dalam Pendidikan Multikultural Kelas VI Di SDN Balirejo Yogyakarta.” Fitrah 10, no. 2 (2019): 1–17. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/perspektif/article/view/3919/2933.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naila Rahma Salsabila, Reski Gunawan, Vera Astuti3, Windi Widianti, Junaidah, Abdurahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.