Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Kayubebek Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan

Authors

  • Hufron IAI Sunan Kalijogo Malang
  • Ahmad Muthohar

Keywords:

Manajemen Pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Artikel ini merupakan kajian mengenai  Manajemen Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Madrasah Ibtidaiya Miftahul Ulum Kayubebek Pasuruan. Tujuan dan urgensi dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai bagaimana Manajemen Pendidikan Islam diimplementasikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Madrasah Ibtidaiya Miftahul Ulum Kayubebek Pasuruan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian kualitatif didefinisikan sebagai salah satu jenis penelitian. Adapun untuk menggali objek dan data penelitian secara komprehensif, sistematis, dan valid digunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Setelah dideskripsikan dan dianalisis, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Madrasah Ibtidaiya Miftahul Ulum Kayubebek Pasuruan telah memiliki dan mengimplementasikan delapan substansi Manajerial penting yang harus ada dalam sebuah lembaga pendidikan Islam. Kedelapan Manajemen tersebut adalah: (1). Manajemen Kurikulum, (2). Manajemen Personalia, (3). Manajemen Kelas, (4). Manajemen Kemahasiswaan, (5). Pengelolaan Sarana dan Prasarana, (6). Manajemen Keuangan, (7). Manajemen Partisipasi Masyarakat, dan (8). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Meskipun kedelapan substansi tata kelola tersebut telah terpenuhi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-12-2022

How to Cite

Hufron, and Ahmad Muthohar. “Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Kayubebek Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 2 (December 28, 2022): 93–104. Accessed November 21, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/699.