Strategi Kepala Sekolah Dalam Rekrutmen Penerimaan Peserta Didik Baru di SDS Cendana Batam
DOI:
https://doi.org/10.51339/akademika.v5i1.807Keywords:
Strategi, Kepala Sekolah, Rekrutmen, Peserta Didik BaruAbstract
Artikel ini adalah suatu kajian Strategi Kepala Sekolah Dalam Rekrutmen Penerimaan Peserta Didik Baru Di SDS Cendana Batam. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui rekrutemn penerimaan peserta didik baru dan strategi kepala sekolah dalam rekrutmen penerimaan peserta didik baru. Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Setelah mendeskripsikan dan menganalisa bahwa rekrutmen peserta didik baru di SDS Cendana dilakukan dengan dua tahap yang pertama perencanaan yang di dalamnya terdapat pembentukan panitia PPDB, pembagian tugas dan sosialisasi. Namun dalam pelaksanannya masih terdapat hambatan yang dimana pemanfaatan media social yang belum maksimal. Kedua, strategi kepala sekolah dalam rekrutmen peserta didik baru dilakukan dengan cara membuat jalur lingkungan sekolah, jalur alumni, jalur prestasi dan melakukannya kegiatan Cendana Cup sebagai bentuk mengenalkan kepada peserta didik yang berkunjung dalam mengikuti kegiatan tersebut untuk melihat kondisi sekolah. Meskipun dengan beberapa strategi yang dijalankan masih saja ditemu masalah dalam pelaksanannya diantaranya yaitu sarana yang kurang memadai sehingga pelaksanaan belum berjalan dengan maksimal
Downloads
References
Choir, A. (2016). Urgensi Manajemen Pendidikan Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal MPI, 1(1), 1-12. doi: https://doi.org/10.18860/jmpi.v1i1.3371
dkk, D. S. (2010). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Fattah, N. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Mulyasana, D. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Rosdakarya.
Priansa, D. J. (2014). Perencanaan Dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.
Wheelen, D. H. (2013). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Joni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.