Replika Servant Leadership pada Kepemimpinan Nabi Sulaiman dalam QS. An-Naml Ayat 20-22 untuk Reparasi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.51339/akademika.v5i1.875Keywords:
Servant Leadership, Nabi Sulaiman, Reparasi PendidikanAbstract
Urgensi terhadap perbaikan kualitas pendidikan mengharuskan berbagai sisi terus dibenahi termasuk cara kepemimpinan. Di antara tipe atau gaya kepemimpinan yang direkomendasikan adalah servant leadership sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Sulaiman dalam Al-Qur’an. Gaya kepemimpinan ini dicetuskan oleh seorang ahli bernama Greenleaf pada tahun 1977. Tujuan utama dari kajian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis tentang replika servant leadership yang dicontohkan oleh Nabi Sulaiman dan dihubungkan dengan teori servant leadership modern serta aplikasinya dalam dunia pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis studi kepustakaan. Hasil dari kajian ini menemukan beberapa hal penting yaitu; (1) servant leadership dalam konteks pendidikan Islam terletak pada cara seorang kepala sekolah/madrasah untuk melayani dan mengayomi masyarakat sekolah. (2) Konsep servant leadership yang digambarkan Nabi Sulaiman dalam QS. An-Naml ayat 20-22 adalah tentang pentingnya menunjung persamaan hak setiap masyarakat dengan pelayanan yang sama tanpa membeda-bedakan status sosialnya. Selain itu, seorang pemimpin yang mengayomi akan selalu memberi kesempatan ketika bawahan atau rakyatnya melakukan kekeliruan. (3) Realisasi dari servant leadership untuk mereparasi pendidikan di antaranya melalui tiga langkah sederhana seperti menyediakan kotak saran pembentukan parlemen pelajar di sekolah sebagai bentuk penyaluran aspirasi kepada kepala sekolah serta pemberian masa sanggah ketika terjadi pelanggaran agar masyarakat sekolah mempunyai kesempatan yang sama untuk klarifikasi atau membela diri sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Sulaiman terhadap burung Hud-hud. Implikasi dari kajian ini sebagai tawaran solusi dalam menerapkan servant leadership di sekolah/madrasah serta menjadi acuan bagi peneliti berikutnya untuk dikembangkan lebih jauh terkait penerapan atau aplikasi servant leadership.
Downloads
References
Agama, Kementerian. Tafsir Tematik Kementerian Agama. Jakarta: Lajnah Pentasih Al-Qur’an, 2009.
Al-Qurthubi, Syaikh Imam. Tafsir Al-Qurthubi. Jakarta: Pustaka Azzam, 2009.
Alamsyah, Yosep Aspat. “Membumikan Sifat Rsul Dalam Kepemimpinan Pendidikan: Memposisikan Nabi Muhammad SAW Sebagai Panutan Dalam Kepemimpinan Pendidikan.” Al-Idarah: Jurnal Kepemimpinan Islam 7, no. 2 (2017): 130. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh.
Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak, 2018.
Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir. Jakarta: Gema Insani, 2016.
Azzahra, Salsabila Keisha, Shindy Yosida Imansari, and Mirwan Surya Perdhana. “Budaya Kepemimpinan Islam Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8, no. 03 (2022): 3728–3736.
Bakry, Bakry, and Syamril Syamril. “Pengaruh Servant Leadership Terhadap Nilai Kinerja Guru.” Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan 5, no. 1 (2021): 24.
Fatmasari, Dewi. “Peran Kewirausahaan Dalam Pemberdayaan Ekonomi Pesantren (Sekilas Tentang Pesantren Ainurrafiq) Desa Panawuan, Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan.” Al-Amwal : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari’ah 6, no. 2 (2014): 367–388. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/amwal/article/view/263.
Imaduddin, Imaduddin, Hendri Putra, Tukiyo Tukiyo, Abdul Wahab, and Ahmat Nurulloh. “The Effect of Servant Leadership on the Quality of Education Through the Characteristics of Millennial Teachers.” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 4 (2022): 1092–1102.
Joseph Jeyaraj, Joanna, and Franco Gandolfi. “The Servant Leader as a Critical Pedagogue: Drawing Lessons from Critical Pedagogy.” International Journal of Leadership in Education 25, no. 1 (January 2, 2022): 88–105. https://doi.org/10.1080/13603124.2019.1690702.
Jumrawarsi, Jumrawarsi, and Neviyarni Suhaili. “Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif.” Ensiklopedia Education Review 2, no. 3 (2021): 50–54.
Kamp, A. “Assembling the Actors: Exploring the Challenges of ‘System Leadership’ in Education through Actor-Network Theory.” Journal of Education Policy 33, no. 6 (November 2, 2018): 778–792. https://doi.org/10.1080/02680939.2017.1380231.
Khairuddin, Ahmad. Kepemimpinan Pendidikan Islam. Medan: UMSU Press, 2022.
M. Yunus, Badruzzaman, and Bambang Qomaruzzaman. “Meneladani Nabi Muhammad Dan Pengaruhnya Terhadap Servant-Leadership Dan Perilaku Khidmat.” Kontekstualita 33, no. 02 (2019): 191–219.
Marliani, Lina, and R. Didi Djadjuli. “Menakar Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara Di Era Globalisasi.” Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi 10, no. 2 (2019): 74.
Mas’ud, Ibnu. The Leadership of Sulaiman. Yogyakarta: Noktah, 2018.
Mufassir, Roni Muhammad, and Abdurrahman Mala. “Model Kepemimpinan Yang Melayani Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi Servant Leadership Kepala Maddrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo.” Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2019): 38–56.
Ngaba, Anggriati Ledu, and Elsy Senides Hana Taunu. “Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sma Negeri.” Satya Widya 36, no. 2 (2021): 125–132.
Oh, Jihye, and Jia Wang. “Spiritual Leadership: Current Status and Agenda for Future Research and Practice.” Journal of Management, Spirituality & Religion 17, no. 3 (May 26, 2020): 223–248. https://doi.org/10.1080/14766086.2020.1728568.
Prasetyo, Muhammad Anggung Manumanoso, and Khairul Anwar. “Karakteristik Komunikasi Interpersonal Serta Relevansinya Dengan Kepemimpinan Transformasional.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 5, no. 1 (2021): 25.
Prasetyono, Hendro, and Ira Pratiwi Ramdayana. “Pengaruh Servant Leadership, Komitmen Organisasi, Dan Lingkungan Fisik Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 8, no. 2 (2020): 108–123.
Prihartin, Wahyuni, Jannah Biki, Wafiq Azizah Mokoginta, Devi Indriani Tuliabu, and Abdul Rahmat. “Peran Komite Sekolah Melalui Media LAKSA ( Layanan Aspirasi Kotak Saran ) Online Kelompok 5.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (2023): 1994–1999.
Rizal, Saifur. “Servant Leadership Dalam Implementasi Nilai-Nilai Trilogi Dan Panca Kesadaran Santri.” Journal EVALUASI 3, no. 2 (2019): 162.
Salam, Aneke A. “Servant Leadership: Model Kepemimpinan Kontemporer Kepala Sekolah.” Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan 2, no. 1 (2017): 75–82.
Sari, April Yina Dwieka. “Pengelolaan Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.” Jurnal Administrasi Pendidikan 3, no. 2 (2020): 915–1265.
Satrio, Lias Hasibuan, Kasful Anwar Us, and Ahmad Fadhil Rizki. “Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidikdan Tenaga Kependidikandalam Tinjauan Administasi Sekolah.” Indonesian Journal of Islamic Educational Management 4, no. 2 (2021): 92–101. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IJIEM/article/view/13057.
Setiawan, Gunaro, Denni Arli, and Peter Woods. “‘In the Servant We Trust’: The Brand Impact of Servant Leadership from the Case of a Rising Reformist.” Journal of Marketing Communications (November 29, 2022): 1–23. https://doi.org/10.1080/13527266.2022.2152474.
Shihab, Muhammad Quraish. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2012.
Solikin, Asep, H.M. Fatchurrahman, and Supardi. “Pemimpin Yang Melayani Dalam Membangun Bangsa Yang Mandiri (A Serving Leader In Developing Independent Nation).” Anteriror Jurnal 16, no. 2 (2017): 90–103.
Sousa, Milton, and Dirk van Dierendonck. “Serving the Need of People: The Case for Servant Leadership against Populism.” Journal of Change Management 21, no. 2 (April 3, 2021): 222–241. https://doi.org/10.1080/14697017.2021.1917494.
Syahdara Anisa Makruf. “Pendidikan Islam Berbasis Profetik Dalam Kisah Nabi Sulaiman.” Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 2 (2022): 174–187.
Syahril, Sulthon. “Teori-Teori Kepemimpinan.” Ri’ayah 4, no. 2 (2019): 209–215.
Tazqiyatunufus, Siti. “PRINSIP KEPEMIMPINAN NABI SULAIMAN A.S (Studi Analisis Surat An-Naml Ayat 15-44 Dalam Tafsir Ar-Rāzi).” IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2022.
Vanderpyl, Tim H. “Servant Leadership: A Case Study of a Canadian Health Care Innovator.” Journal of Healthcare Leadership 4 (December 31, 2012): 9–16. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.2147/JHL.S28810.
Waruwu Marinu, Takdir Muh, and Nuryani Lilis. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Perspektif Servant Leadership.” Jurnal Improvement 8, no. 2 (2021): 138–153.
Wasono, Muhammad Putro Joko. “Peningkatan Disiplin Berseragam Siswa Melalui Bimbingan Kelompok.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, no. 1 (2019): 54–66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fauzan Rahmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.