Penerapan Education Management Information System (EMIS) Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) di TPQ Nurul Huda Maluan, Teras, Teras, Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.51339/akademika.v5i1.888Keywords:
EMIS, Penerapan EMIS, Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ)Abstract
Perkembangan teknologi informasi komunikasi mendorong terjadinya perubahan di berbagai bidang dalam kehidupan manusia seperti dalam pengelolaan bidang pendidikan. Untuk menjawab tantangan zaman terkhusus dalam lembaga pendidikan maka kita dituntut untuk selalu mengikuti perkembangannya. Salah satu wujud adanya perkembangan teknologi informasi komunikasi dalam bidang pendidikan yaitu adanya program aplikasi EMIS (Education Management Information System) yang dirilis oleh Kementrian Agama RI. Hal tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal agar dapat memberikan manfaat bagi lembaga pendidikan yang menjalankan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaplikasian EMIS di lembaga pendidikan TPQ Nurul Huda Maluan, Teras, Teras, Boyolali. Karena dalam pelaksanaannya terkadang masih terdapat kendala ataupun hambatan yang lain sehingga belum bisa maksimal. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan yaitu dengan metode wawancara, observasi partisipan, dan kajian dokumen untuk memperoleh data yang akurat. Peneliti melihat dari 1) penerapan EMIS, 2) proses pengolahan data EMIS, 3) sistem teknologi informasi yang mendukung, 4) serta faktor pendukung dan penghambat penerapan EMIS di TPQ Nurul Huda. Walau di TPQ Nurul Huda ini sudah menerapkan EMIS, tetapi dalam pelaksanaannya belum maksimal misalnya yaitu belum konsisten dalam melakukan updating data santri.
Downloads
References
Abdul, Hatta. “PEMBERDAYAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) ALHUSNA PASADENA SEMARANG.” Dimas 13, no. 2 (2013).
Bafadhol, Ibrahim. “LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDOESIA.” Jurnal Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam 06, no. 11 (2017).
Jibola Kadir, Abdullahi Nimota, and Tijani Abdulganiyu Adebayo. “Digitization in Education System and Management of Early Childhood Care Education in Nigeria.” Southeast Asia Early Childhood Journal 8, no. 2 (2019): 28–42.
Khasanah, Ismi Uswatun, Rita Reflina, Program Strata, Satu Pendidikan, Agama Islam, Sekolah Tinggi, and Ilmu Tarbiyyah. “Analisis Education Management Information System Lembaga Pengembangan Quran ( EMIS-LPQ ) Di TPQ Nurul Hikmah Pelutan.” Promis 3 (2022): 83–98.
Mahmud, Anwar Darwis dan Hilal. “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM.” Journal of Islamic Education Management 2, no. 1 (2017): 64–77.
Murdiyanto, Eko. Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal EQUILIBRIUM. I. Vol. 5. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Press, 2020. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/.
Shah, Madiha. “Impact of Management Information Systems (MIS) on School Administration: What the Literature Says.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 116 (2014): 2799–2804. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.659.
Sinen, La Ode Ismail Ahmad dan Ristati. “PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 21 MAKASSAR.” Jurnal Idaarah I, no. 2 (2017): 290–309.
Taofik, Ahmad. “LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA.” Indonesian Jouurnal of Adult and Community Education 2, no. 2 (2020): 1–9.
Tupono, Wahir, and Retno Kusumawiranti. “EFEKTIVITAS EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM ( EMIS ) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5.” Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik 1 (2020): 24–37.
Zamroni, Afif. “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama.” Munaddomah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1 (2020): 11–21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ari Prasteyo, Indri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.