Manajemen Program Tahfidz Al-Qur'an Al-Quds Samarinda

Authors

  • Muhammad Syaifuddin UINSI Samarinda
  • Noorthaibah UINSI Samarinda
  • Bahrani UINSI Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.51339/akademika.v5i1.922

Keywords:

Manajemen, Program tahfidz Al-Qur’an

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sejak awal berdiri pada tahun 2018, SD Islam Al-Quds Samarinda yang telah melaksanakan program Pendidikan Nasional dibawah naungan Kemendikbud RI seperti sekolah dasar pada umumnya. Namun, sekolah ini memiliki program unggulan yaitu program tahfidz Al-Qur’an. Dari program tahfidz tersebut, siswa mampu menghafalkan Al-Qur’an 1 juz setiap tahunnya. Selain itu, siswa mereka juga mampu meraih prestasi diberbagai bidang perlombaan baik tahfidz maupun perlombaan lainnya. Dan peneilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen program Tahfidz Al-Qur’an di SD Islam Al-Quds Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terkait manajemen program tahfidz Al-Qur’an di SD Islam Al-Quds Samarinda. Data tersebut di analisi dengan menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana yakni dengan kondensasi data, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfidz Al-Qur’an di SD Islam Al-Quds Samarinda menggunakan fungsi manajemen dengan baik, yaitu dengan tahapan: 1) Perencanaan program tahfidz Al-Qur’an dengan merumuskan tujuan, perencanaan materi, perencanaan pendidik, dan perencanaan evaluasi 2) Pengorganisasian dengan membuat struktur organisasi, penempatan pada struktur organisasi program tahfidz dan alokasi sumber daya, 3) Pelaksanaan dilakukan dengan proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an sesuai dengan perencanaan, 4) Pengawasan dengan melakukan observasi langsung kegaitan belajar, pemantauan progress hafalan, dan melakukan evaluasi pada proses dan hasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badwilan, Ahmad Salim. Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jogyakarta: Diva Press, 2009.

Choliq, Abdul. Pengantar Manajemen. Semarang: Rafi Sarana Perkasa, 2011.

Al Hafizh, Abdul Azis Abdul Rauf. Kiat Sukses Menjadi Hafizh Qur’an Da’iyah. Bandung: PT. Syaamil Cipta Media, 2004.

Hidayah, Aida. “Metode Tahfidz Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini (Kajian Atas Buku Rahasia Sukses 3 Hafizh Quran Cilik Mengguncang Dunia).” Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis 18, no. 1 (2018): 51.

Hitami, Munzir. Pengantar Studi Al Quran (Teori Dan Pendekatan). Yogyakarta: LKIS, 2012.

Kholid, Abd., and Muhammad Shohibul Mafariech. “Analisis Metode Dan Strategi Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang.” Jurnal Education and Development 9, no. 3 (2021): 221–224.

Lestari, Indri. “Manajemen Pembelajaran Tahfizul Qur’an Berbasis Teknik Talaqqi Di SMP IT Al-Jawahir Kecamatan Sunggal.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam 1, no. 3 (2021): 1–13.

Maulidina, Yuke, Unang Wahidin, and Wartono. “Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VIII Smpit El Ma’mur Kota Bogor Tahun Ajaran 2019/2020.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2020): 1–15. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ppai/article/view/1612.

Miles, Matthew B., Michael A. Huberman, and Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. USA: Sage Publications, 2014.

Mulyono. Manajemen Adminitrasi Dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.

Nur Azmi Nst, Fauziyyah, Delpi Aprilinda, and Alim Putra Budiman. “Urgensitas Manajemen Pendidikan Islam Pada Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 8 (2021): 1320–1331.

Rahmi, Ulfa. “Strategi Guru Tahfizh Dalam Memotivasi Peserta Didik Menghafal Al-Qur’an Di SD Semen Padang.” WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 5, no. 2 (2020): 16–29.

Ruhaya, Besse. “Fungsi Manajemen Terhadap Pendidikan Islam.” Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 7, no. 1 (2021): 125–132.

Sabariah. “Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2021): 116–122.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Susianti, Cucu. “Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi 2, no. 1 (2016): 1–19.

Wahyuni, Ajeng, and Akhmad Syahid. “Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak.” Elementary 5, no. 1 (2019): 87–96.

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Muhammad Syaifuddin, Noorthaibah, and Bahrani. “Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an Al-Quds Samarinda”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (June 10, 2023): 60–73. Accessed May 17, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/922.