Strategi Pemasaran Produksi Obat Herbal Keladi Tikus oleh Petani dalam Ekonomi Islam

Authors

  • Muhammad Romli Muar Universitas Islam Raden Rahmad Malang
  • Hilda Sanjayawati Universitas Islam Raden Rahmad Malang

Keywords:

Strategi Pemasaran, Ekonomi Syariah

Abstract

Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditunjukan untuk merencanakan, menetukan harga, mempromosikan dan mendistribusi barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya, sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya”. Karena pada kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat. Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran, dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Implementasi pemasaran adalah proses yang mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran untuk mencapai sasaran. Syari’ah Manajemen marketing syari’ah adalah sebagai suatu ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, menjaga, dan menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menyerahkan dan mengkomunikasikan nilai yang unggul kepada pelanggan dengan berorientasi pada ketentuan-ketentuan syari’ah. Strategi pemasaran didefiinisikan sebagai analisis strategi pengembangan dan pelaksanaan kegiatan dalam pemilihan strategi pasar sasaran produk dalam tiap unit bisnis, penetapan tujuan pemasaran, dan pengembangan pelaksanaan serta pengelolaan strategi program pemasaran penentuan posisi pasar yang dirancang untuk memenuhi kainginan pelanggan pasar sasaran. Marketing Syari’ah adalah sebuah disiplin bisnis strategi yang mengarahkan proses penciptaan, keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah (bisnis) dalam Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-06-2020

How to Cite

Muhammad Romli Muar, & Hilda Sanjayawati. (2020). Strategi Pemasaran Produksi Obat Herbal Keladi Tikus oleh Petani dalam Ekonomi Islam. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 1–20. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/141