Strategi Pemasaran Usaha Produksi Timba Air Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Ambunten Barat
Keywords:
timba air, strategi, pemasaran, dan kesejahteraanAbstract
Produk Timba Air mempunyai peran yang cukup penting dalam perekonomian masyarakat, terutama ditinjau dari segi alat pertanian yang menjadi kebutuhan para petani/pekebun. Bisnis ini terbilang menonjol peranannya, baik dikalangan para petani/pekebun. Usaha timba air merupakan industri rumah tangga. Munculnya persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang tidak dapat dihindari, dengan demikian perusahaan dituntut untuk mampu memilih dan menetapkan strategi yang dapat digunakan untuk menghadapi persaingan. Di desa ambunten barat merupakan sentra industri timba air di daerah kabupaten sumenep, karena terdapat 3 industri rumahan timba air. Penelitian ini membahas bagaimana strategi pemasaran usaha produksi timba air dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat ambunten barat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) yang berlokasi di Desa Ambunten Barat Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep. Adapun data primer berasal dari lapangan, baik yang diperoleh melalui wawancara, observasi maupun dokumentasi, Serta data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, dan artikel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data metode deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran usaha produksi timba air menggunakan strategi pemasaran produk, distribusi/tempat, harga dan promosi. Hasil Penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran usaha produksi timba air dalam meningkatkan kesejahteraan menggunakan strategi pemasaran produk, distribusi/tempat, harga dan promosi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.