Analisis Strategi Pemasaran Usaha Home Industry Kampung Pia Gempol Pasuruan

Authors

  • Efi Endang Dwi Setyorini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol Pasuruan

Keywords:

Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji strategi pemasaran dengan metode analisis SWOT pada home industry Pia Gempol dan merumuskan alternatif strategi pemasaran pada home industry Pia Gempol. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Fokus penelitian ini terhadap analisis SWOT dan menyusun strategi pemasaran yang sesuai dengan objek penelitian. Penelitian ini dilakukan di Pia Mahen yang berlokasi di Kampung Pia Gempol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pertama, home industry Pia Gempol memiliki Strategi Strength-Opportunity. Adapun beberapa kekuatan home industry Pia Gempol dalam memanfaatkan kesempatan yang ada, yaitu : (a) Menambah jumlah variasi produk yang ditawarkan, (b) Memperluas pangsa pasar, (c) Membuat harga yang terjangkau. Kedua, home industry Pia Gempol memiliki Strategi Weakness-Opportunity. Strategi ini ditetapkan berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalisir kelemahan yang ada, yaitu : (a) Meningkatkan efisiensi biaya, (b) Perlu menciptakan fokus bisnis dengan kepemilikan inovasi produk yang semakin inovatif. Ketiga, home industry Pia Gempol memiliki Strategi Strength–Threat. Strategi ini menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman yang ada. Adapun beberapa kekuatan tersebut, yakni sebagai berikut : (a) Mengembangkan daya saing, (b) Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Keempat, home industry Pia Gempol juga memiliki Strategi Weakness-Threat. Strategi ini berusaha meminimalisir kelemahan yang ada, serta menghindari ancaman. Antara lain : (a) Perhatikan kenyamanan, (b) Menjalin hubungan baik dengan pelanggan. (2) Strategi bisnis yang sesuai dengan home industry Pia Mahen adalah pemasaran dapat online. Dengan strategi tersebut, dapat diprediksi bahwa home industry tersebut berpeluang untuk dapat memperoleh keuntungan perusahaan yang besar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Efi Endang Dwi Setyorini. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Home Industry Kampung Pia Gempol Pasuruan. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 88–98. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/903