Peran Buruh Tani Perempuan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga (Studi Pada Buruh Tani Perempuan Desa Melati Jaya Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten Oku Timur)

Authors

  • Isnayati Nur UIN Raden Fatah Palembang

Keywords:

Buruh Tani Perempuan, Pendapatan, Kesejahteraan

Abstract

Abstrak: Permasalahan kebutuhan hidup dalam keluarga yang semakin meningkat, harga-harga kebutuhan pokok yang semakin tinggi, ditambah lagi kebutuhan anak-anak ketika masuk masa sekolah menuntut kepala keluarga untuk menambah penghasilannya sehingga dapat mencukupi kebutuhan keluarga terutama pemenuhan kebutuhan primer. Adanya permasalahan ini menuntut perempuan dalam hal ini adalah ibu untuk turut membantu ayah dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pendapatan, konsumsi, tabungan, peran gender dan kontribusi ekonomi buruh tani perempuan di Desa Melati Jaya Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.  Peningkatan kesejahteraan para keluarga buruh tani perempuan di Desa Melati Jaya Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu tingkat pendapatan yang diterima oleh buruh tani perempuan, peningkatan konsumsi dan tabungan para buruh tani perempuan, peran gender para buruh tani perempuan yang tidak hanya melakukan peran domestik tetapi juga peran publik dan kemasyarakatan serta adanya kontribusi para buruh tani perempuan di dalam keluarga baik kontibusi rumah tangga maupunkontribusi ekonomi.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-11-2020

How to Cite

Isnayati Nur. (2020). Peran Buruh Tani Perempuan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga (Studi Pada Buruh Tani Perempuan Desa Melati Jaya Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten Oku Timur). Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 122–148. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/188