Etika Kemitraan dalam Perspektif Quran dan Hadis

Authors

  • Nining Sukaeningsih Universitas Islam Bandung

Keywords:

Etika, Kemitraan, etika kemitraan dalam islam

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep akad mudharabah yang diterapkan oleh pelaku bisnis saat mengadakan sebuah hubungan mitra kerjasama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Metode penelitian deskriptif analisis digunakan untuk menemukan gambaran-gambaran fenomena secara sistematis, akurat dan factual mengenai fakta, sifat, serta hubungan antara sebuah fenomena yang diteliti. Artinya penelitian deksriptif analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengambil dan memusatkan sebuah masalah berdasarkan kejadian dan fenomena yang ada, kemudian hasil dari penelitian tersebut diolah dan dianalisa untuk ditarik kesimpulannya. Menjalin kemitraan dalam suatu bisnis islami merupakan hal yang sedang dibahas saat ini, dimana ada sekelompok pemilik modal yang berusaha menanamkan modalnya kepada orang yang tentunya berkompeten di bidangnya untuk kemudian dikelola bersama sesuai dengan akad guna menghasilkan suatu produk yang keuntungan serta kerugiannya dirasakan secara bersama-sama. Bentuk kerjasama seperti ini merupakan kontribusi seratus persen modal dari pemilik modal dan keahlian dari pengelola. Etika kemitraan merupakan sebuah cara untuk membangun bisnis islami yang dilandasi sesuai dengan syariat islam. Melalui konsep mudharabah ini diharapkan semua bisnis yang ada dan telah dibangun akan terus berkembang dan berkelanjutan karena tujuan yang diraihnya bukan hanya sekedar mendapatkan keuntungan semata melainkan harus ada nilai keberkahan dari setiap aktivitas ekonomi yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nining Sukaeningsih, Universitas Islam Bandung

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep akad mudharabah yang diterapkan oleh pelaku bisnis saat mengadakan sebuah hubungan mitra  kerjasama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Metode penelitian deskriptif analisis digunakan untuk menemukan gambaran-gambaran fenomena secara sistematis, akurat dan factual mengenai fakta, sifat, serta hubungan antara sebuah fenomena yang diteliti. Artinya penelitian deksriptif analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengambil dan memusatkan sebuah masalah berdasarkan kejadian dan fenomena yang ada, kemudian hasil dari penelitian tersebut diolah dan dianalisa untuk ditarik kesimpulannya. Menjalin kemitraan dalam suatu bisnis islami merupakan hal yang sedang dibahas saat ini, dimana ada sekelompok pemilik modal yang berusaha menanamkan modalnya kepada orang yang tentunya berkompeten di bidangnya untuk kemudian dikelola bersama sesuai dengan akad guna menghasilkan suatu produk yang keuntungan serta kerugiannya dirasakan secara bersama-sama. Bentuk kerjasama seperti ini merupakan kontribusi seratus persen modal dari pemilik modal dan keahlian dari pengelola. Etika kemitraan merupakan sebuah cara untuk membangun bisnis islami yang dilandasi sesuai dengan syariat islam. Melalui konsep mudharabah ini diharapkan semua bisnis yang ada dan telah dibangun akan terus berkembang dan berkelanjutan karena tujuan yang diraihnya bukan hanya sekedar mendapatkan keuntungan semata melainkan harus ada nilai keberkahan dari setiap aktivitas ekonomi yang dilakukan.

Downloads

Published

22-06-2022

How to Cite

Nining Sukaeningsih. (2022). Etika Kemitraan dalam Perspektif Quran dan Hadis. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 16–35. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/469