Psikolinguistik dalam Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Interaksi Sosial Anak di TK Muslimat NU 1 Sukolilo Kecamatan Jabung

Authors

  • Gatut Setiadi Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Tantri Widyasari Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i2.1582

Keywords:

Psikolinguistik, Pola Asuh Orang Tua, Interaksi Sosial, Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh konsep psikolinguistik bahasa dalam pola asuh orang tua terhadap interaksi sosial anak di TK Muslimat NU 1 Sukolilo Kecamatan Jabung. Psikolingusitik dalam hal ini menjadi aspek penghubung antara bahasa dan pikiran yang menyebabkan munculnya komunikasi antara orang tua dan anak sehingga membentuk pola asuh orang tua yang memiliki peran signifikan dalam perkembangan sosial anak. Penelitian ini berfokus pada pengaruh antara psikolinguistik dalam pola asuh orang tua dan kemampuan anak untuk berinteraksi secara sosial di lingkungan sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang diberikan kepada orang tua anak di TK Muslimat NU 1 Sukolilo. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua dengan interaksi sosial anak di TK tersebut. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada pola asuh otoriter memperoleh nilai sig. sebesar 0,00 < 0,05 artinya adanya pengaruh yang signifikan pada pola asuh otoriter terhadap interaksi sosial anak di TK Muslimat NU 1 Sukolilo dengan kata lain H0 ditolak dan H1 diterima. Pola asuh demokrasi memperoleh nilai sig. 0,065 > 0,05 artinya tidak ada pengaruh pola asuh demokrasi terhadap interaksi sosial anak di TK Muslimat NU 1 Sukolilo Kecamatan Jabung dinyatakan H0 diterima dan H1 ditolak. Pola asuh permisif memperoleh nilai sig. 0,00 < 0,05 artinya adanya pengaruh pola asuh permisif terhadap interaksi sosial anak di TK Muslimat NU 1 Sukolilo Kecamatan Jabung dengan kata lain H0 ditolak dan H1 diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusniatih, A, J M Manopa, and N H Anggarasari. KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI: Teori Dan Metode Pengembangan. EDU PUBLISHER, 2019.

Aini, Qortina, Fakultas Tarbiyah, dan Keguruan, Universitas Islam Negeri, and Raden Intan Lampung. “Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Batu Menyan” (2022).

Anggraini, Anggraini, Pudji Hartuti, and Afifatus Sholihah. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepribadian Siswa Sma Di Kota Bengkulu.” Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling 1, no. 1 (2018): 10–18.

Bakri, Annisa Rahmilah, Juli Amaliyah Nasucha, and Dwi Bhakti Indri M. “Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 2, no. 1 (2021): 58–79.

Dr. Hj. Khadijah, M A, and M P Nurul Zahriani Jf. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori Dan Strateginya. Merdeka Kreasi Group, 2021.

Fitriah, Zainal Munir, and Baitus Sholehah. “Pengaruh Pola Asuh Otoriter Dan Demokratif Orang Tua Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Pra Sekolah (4 – 6 Tahun).” Jurnal Penelitian Perawat Profesional 1, no. 1 (2019): 61–70.

Khairani, and Sovi Septania. “Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Interaksi Sosial Yang Dimoderasi Oleh Self-Disclosure Pada Generasi Z.” Jurnal Psikologi Islam Al-Qalb 11, no. 2 (2020): 1–7.

Makagingge, Meike, Mila Karmila, and Anita Chandra. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018).” YaaBunayya Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini volume 3 n (2019): 115–122.

Mardiana, Nur Shela. “Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Interaksi Anak Usia Dini.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 20, no. 1 (2020): 22.

Najmi, Soupin. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Dan Agama Anak Usia 4-5 Tahun Di Batupanjang Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, 2022.

Nurachma, E, D Hendriyani, M Albertina, and S Purwanti. Pengaruh Pasangan Pernikahan Dini Terhadap Pola Pengasuhan Anak: Di Kelurahan Mangkurawang Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2018. Penerbit NEM, 2020.

Pebriana, Putri Hana. “Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education 1, no. 1 (2017): 1.

Rukajat, A. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish, 2018.

SAFARI, Musnizar. Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. CV. DOTPLUS Publisher, 2021.

Saiful Fahmi, Muhammad. Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Siswa Ma Mazro ’ Atul Huda Wonorenggo, 2015.

Sudirjo, E, and M N Alif. Komunikasi Dan Interaksi Sosial Anak. MN Alif. CV Salam Insan Mulya, 2021.

Suhita, Delpima, Melinedri Melinedri, Tika Meldina, Yulya Muharmi, and Nella Novita. “Gadget Dan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini.” Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 2 (2020): 137.

Unzela. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri 2 Bandar Lampung” (2022).

Zakaria, Mia, and Dewi Arumsari. Jeli Membangun Karakter Anak. Bhuana Ilmu Populer, 2018.

Zulfah, Tari Ika. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Desa Pulau Kabupaten Batang Hari.” Skripsi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (2022).

Downloads

Published

08-12-2023

How to Cite

Setiadi, G., & Tantri Widyasari. (2023). Psikolinguistik dalam Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Interaksi Sosial Anak di TK Muslimat NU 1 Sukolilo Kecamatan Jabung. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(2), 202–219. https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i2.1582