Penanaman Konsep Pendidikan Karakter dalam Kisah Dahlan Iskan Terhadap Implementasi Nilai Moral

Authors

  • Riska Rikhatul Jannah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Siti Maftuhah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i1.1001

Keywords:

Pendidikan karakter, Konsep pendidikan, Nilai-nilai, Novel

Abstract

Pendidikan harus diimbangi dengan kompetensi moralitas seperti pengarahan dalam pembentukan kepribadian. Salah seorang tokoh bernama Dahlan Iskan yang mana ia memiliki segudang cerita berisi hikmah dan pelajaran mengenai nilai-nilai moral di kehidupan sehari-hari. Artikel ini dibuat guna memberikan pemahaman serta penjabaran tentang pentingnya nilai karakter bagi keberlangsungan pendidikan. Dalam penyusunan artikel ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengusung system literature review. Teknik pengumpulan data dalam artikel ini terbagi menjadi dua sumber, yakni sumber primer berupa novel “Sepatu Dahlan” dan sumber sekunder berupa artikel atau jurnal dengan kata kunci pendidikan karakter. Konsep pendidikan yang berlaku saat ini tidak lain untuk menyalurkan pengetahuan kepada peserta didik gar terbekali ilmu untuk masa depannya. Tetapi pengetahuan harus disandingkan dengan moralitas. Pendidikan karakter akan dibutuhkan dalam melengkapi peran di kehidupan, bahwasannya seperti tokoh Dahlan yang menerapkan sikap religius, jujur, toleransi, tanggung jawab, kerja keras, dan mandiri. Dari nilai moral tersebut dapat menjadi bahan ajar mengenai sikap dan etika yang benar dan baik selama menempuh pendidikan maupun menjalani kehidupan sosial. Maka kesimpulannya, novel “Sepatu Dahlan” dapat dijadikan bahan referensi dalam mengupas nilai-nilai karakter yang dapat dicontoh oleh masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Saeful, “Implementasi Nilai Kejujuran Dalam Pendidikan”, dalam jurnal Tarbawi (Vol.4, No.2, 2021), hal 127, ‘Implementasi Nilai Kejujuran Dalam Pendidikan”, Dalam Jurnal Tarbawi’

Alifiyatul, ‘BAB II’, 2015, 16-55.

Asir, Ahmad, ‘Agama Dan Fungsinya Dalam Kehidupan Umat Manusia”, Dalam Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman’, Vol.1, No. (2014), hal 52

Asrohah, Hanun, Manajemen Mutu Pendidikan (UIN Sunan Ampel Press, 2014)

Daulai, Afrahul Fadhila, ‘Tanggung Jawab Pendidikan Islam”, Dalam Jurnal Al-Irsyad:Jurnal Pendidikan Dan Konseling’

Dimas satriya, doddy iskandar, ‘Analisis Framing Dalam Buku Leadership Dahlan Iskan’

Fatria, F., ‘Analisis Nilai-Nilai Edukatif Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara’, Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1.1 (2016), 1–10

Fita Fatria, “Analisis Nilai-Nilai Edukatif Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara” dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra (Vol., ‘Analisis Nilai-Nilai Edukatif Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara” Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra’

Ismail Marzuki, Lukmanul Hakim, ‘Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras”, Dalam Jurnal Rausyan Fikr’

Kurnia, Indah, ‘Konsep Pendidikan Karakter Menurut K.H Ahmad Dahlan’, IAIN Bengkulu, 2019, 1–81

Majid, Novita, ‘Penguatan Karakter Melalui Local Wisdom Sebagai Budaya Kewarganegaraan’

Mukaffah, Zumrotul, Pembelajaran Akhlak Inklusif (UIN Sunan Ampel Press, 2018)

Ponelis, F.A., Sintaksis, Inleiding Tot Die Afrikaanse Taalkunde, 1989

Pratama, Ovi, ‘Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel “Sepatu Dahlan“ Karya Khrisna Pabichara’, JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3.6 (2019), 1375 <https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7901>

Richard oliver ( dalam Zeithml., dkk 2018 ), ‘済無No Title No Title No Title’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3.2 (2021), 2013–15

Downloads

Published

11-06-2023

How to Cite

Riska Rikhatul Jannah, & Siti Maftuhah. (2023). Penanaman Konsep Pendidikan Karakter dalam Kisah Dahlan Iskan Terhadap Implementasi Nilai Moral. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 100–114. https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i1.1001