Implementasi Penanganan dan Penyikapan Bimbingan Konseling Terhadap Suatu Kasus di SMA Ma’arif Sukorejo
Keywords:
Penanganan, Penyikapan, KasusAbstract
Pelaksanaan bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Atas, bukan semata-mata terletak pada ada atau tidak adanya aturan baku (perundang-undangan) atau ketentuan dari atas, namun yang lebih penting adalah menyangkut penanganan dan penyikapan kasus. Siswa sebagai seorang individu yang sedang berada dalam proses berkembang atau menjadi (on becoming), yaitu berkembang ke arah kematangan atau kemandirian mereka selalu melakukan interaksi sosial. Di samping itu terdapat suatu proses bahwa perkembangan siswa tidak selalu berlangsung secara mulus, atau bebas dari masalah. Dengan kata lain, proses perkembangan itu tidak selalu berjalan dalam alur linier, lurus, atau searah dengan potensi, harapan dan nilai-nilai yang dianut. Pada bagian ini diuraikan tentang bagaimana cara seorang guru BK (Bimbingan Konseling) dalam menangani dan menyikapi suatu kasus yang terjadi terhadap anak didiknya (siswa) di SMA Ma’arif Sukorejo. Tujuan dari penanganan dan penyikapan kasus ini adalah agar siswa dapat menyelesaikan dan terbantu atas kasus-kasus yang terjadi pada dirinya, tidak mengulangi kasus yang sama dan bisa meningkatkan kualitas belajar ke arah yang lebih baik di masa yang akan mendatang.