Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room untuk Meningkatkan Kemampuan Bijak Bermedia Sosial pada Siswa Kelas XI F SMA N 3 Surakarta

Authors

  • Muhammad Oktania Triatmojo Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Awik Hidayati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Zafirah Faris Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i2.1435

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Media sosial, Home room

Abstract

Media sosial dapat diakses oleh siapa saja melalui handphone. Fitur dalam handphone tentunya dapat menarik minat anak-anak dan remaja. Handphone ini sendiri memiliki dampak positif dan dampak negatif. Oleh karena itu, remaja atau siswa SMA harus bijak dalam memanfaatkan media sosial dengan baik agar dapat terhindar dari dampak buruknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan teknik home room dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan bijak bermedia sosial siswa SMA N 3 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan selama 2 siklus. Penelitian yang dilaksanakan bertempat di SMA N 3 Surakarta kelas XI F Tahun ajaran 2023/2024. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner penggunaan media sosial. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil pretest menunjukkan bahwa 8 siswa masuk dalam kategori rendah. Setelah diberikan tindakan pada siklus 1, menunjukkan peningkatan. Hasil dari siklus 1 menunjukan 6 siswa masuk kategori sedang dan 2 masuk kategori rendah. Setelah diberikan tindakan pada siklus 2 terdapat hasil bahwa 8 siswa masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan bijak bermedia sosial siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik home room.

Downloads

Download data is not yet available.

References

to Individual Subjective Well-Being in Counseling Perspective.” Journal of Counseling and Educational Technology, 2019.

Damayanti, Nindya. Panduan Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Araska, 2012.

Gibson, Robert L, and Marianne H Mitchell. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Hidayati, Rahma. “Peran Orang Tua : Komunikasi Tatap Muka Dalam Mengawal Dampak Gadget Pada Masa Golden Age.” SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi 5, no. 2 (February 18, 2020). https://doi.org/10.35308/source.v5i2.1396.

Netrawati, Netrawati, Rizki Wulandari, Yeni Karneli, and Yarmis Syukur. “The Analysis of Social Media Addiction Level on Adolescents,” 2020.

Nursalim, Mochamad, and SA Suradi. “Layanan Bimbingan Dan Konseling.” Surabaya: Unipress, 2002.

Prayitno, and Erman Amti. “Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling,” 2015.

Romlah, Tatiek. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang, 2013.

Sabekti, Ria, Ah Yusuf, and Retnayu Pradanie. “Aktualisasi Diri Dan Kecenderungan Narsisme Pada Remaja Akhir Pengguna Media Sosial.” Psychiatry Nursing Journal (Jurnal Keperawatan Jiwa) 1, no. 1 (March 1, 2019): 7.

Downloads

Published

08-12-2023

How to Cite

Triatmojo, M. O., Awik Hidayati, & Zafirah Faris. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room untuk Meningkatkan Kemampuan Bijak Bermedia Sosial pada Siswa Kelas XI F SMA N 3 Surakarta. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(2), 192–201. https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i2.1435