Strategi Guru BK Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Berbasis Konseling Individu
DOI:
https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i2.1479Keywords:
Strategi Guru BK, Kenakalan siswa, Konseling IndividuAbstract
Guru BK sangat diperlukan keberadaannya sebagai penunjang proses pembelajaran dan termasuk penyesuaian diri siswa. Strategi-strategi yang dilakukan oleh guru BK merupakan serangkaian kegiatan yang disusun secara sistematis yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan siswa disekolah. Tindakan guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa perlu diperhitungkan secara masuk akal agar dapat mencapai sasaran-sasaran berdasarkan pilihan-pilihan yang masuk akal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa MTss M’arif Curug berbasis konseling individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK MTss Ma’arif Curug. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa guru BK membuat strategi dengan menggunakan layanan konseling individu yang dibarengi dengan memberikan hukuman sesuai dengan perjanjian kontrak, maka keberhasilan strategi dan tindakan yang telah dilaksanakan oleh guru BK dapat memberikan efek jera kepada siswa yang telah melanggar tata tertib sekolah, sehingga siswa yang melanggar tersebut tidak melakukan tindakan kenakalan lagi, salah satunya tindakan bolos sekolah.
Downloads
References
Assausri, Sofjan, Strategic Manajemen: Sustainable Competitive Advantages (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)
Bulantika, Siti Zahra, Sa’adah, Indra Lacksana, M Zuhdi Zinul Majdi, and Sulma Mafirja, ‘Dampak Penggunaan Gadget Dan Tingkat Kontrol Orang Tua’, Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 4.1 (2020), 20–27
Gunarsa, Singgih D., Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1986)
Ismiaji, Risky Bachtiar, ‘STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH’, PROSIDING, Seminar Nasional “Bimbingan Dan Konseling Islami”, 2021, pp. 959–81
Nazihah, Inni Fathatun, Wawancara Guru BK
Rachmat, Manajemen Strategi (Bandung: CV Pustaka Setia, 2014)
Rulmuzu, Fahrul, ‘Kenakalan Rremaja Dan Penanganannya’, Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5.1 (2021), 364
Sarlito W, Sarwono, Psikologi Remaja (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)
Sartono, Suwarniyati, Pengukuran Sikap Masyarakat Terhadap Kenakalan Remaja Di DKI Jakarta (Jakarta: UI, 1985)
Sarwono, Sarlito Wirawan, Psikologi Remaja (Jakarta: PT. Raja Grafindo Perada, 2007)
Sedarmayantu, Yusuf, and Syarifudin, Metodologi Penelitian (Bandung: Mandar Maju, 2002)
Sofyan, Willis S, Konseling Individual Teori Dan Praktek (Bandung: CV Alfabeta, 2007)
Sudarsono, Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2001)
Sudarsono, Kenakalan Remaja (Jakarta: Rineka Cipta, 2001)
Umar, Husein, Strategi Manajemen in Action (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2001)
Vauziah, Eva, and Dkk, ‘Bimbingan Individu Melalui Self Regulation Learning Dalam Mengembangkan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal:Fokus, 1.4 (2018)
Wibowo, Wahyu, Cara Cerdas Menulis Artikel Ilmiah (Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2011)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.