Desain Booklet Ice Breaking untuk Pelaksanaan Layanan Informasi

Authors

  • Eggy Coerla Baseka Universitas Jambi
  • Akmal Sutja Universitas Jambi
  • Freddi Sarman Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i2.1488

Keywords:

Booklet, Ice Breaking, Layanan informasi

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan booklet ice breaking untuk pelaksanaan layanan informasi dan untuk mengetahui kelayakan booklet ice breaking berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media serta guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau juga dapat disebut Research and Development (R&D), tahapan R&D yang digunakan pada penelitian ini adalah model Borg & Gall yang telah disederhanakan dalam Sutja, dkk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 2 SMA Adhyaksa 1 Jambi untuk uji coba kelayakan ice breaking dan guru BK SMPN 17 Kota Jambi, SMA Adhyaksa 1 Jambi, serta SMAN 4 Kota Jambi untuk uji coba kelayakan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa booklet ice breaking layak diproduksi dengan persentase dari ahli materi 83% dan ahli media 79% berada pada kategori “Baik”, sedangkan persentase uji coba ice breaking sebesar 82,5%% dan uji coba produk pada guru BK SLTP persentase sebesar 86% dan pada guru BK SLTA persentase sebesar 92,5% yang sama-sama berada pada kategori “sangat baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Akmal Sutja, Universitas Jambi

Dosen Universitas Jambi

Freddi Sarman, Universitas Jambi

Dosen Universitas Jambi

References

Amalia, F, dan N Wahyumiani, “Rendahnya Minat Siswa Dalam Memanfaatkan Layanan Bimbingan Dan Konseling Pada Siswa Kelas IX SMP Dharma Bhakti Bambanglipuro Tahun Ajaran 2021/2022,” Indonesian Journal Of Education And Humanity, 2.2 (2022), 27–40

Fauzan, G, dan U Aripin, “Penerapan Ice Breaking dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa VIII B SMP Bina Harapan Bangsa,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2.1 (2019), 17–24

Hapsari, S, Ramlan, R Agustianti, A Sastraatmadja, K Aprianti, Inda Indrawati, dkk., Inovasi Teknologi Pembelajaran (Padang: GET Press, 2022)

Harahap, E, dan Sumarto, Bimbingan Konseling (Jambi: Pustaka Ma’arif Press, 2020)

Indonesia, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2015 Tentang Guru dan Dosen” (Jakarta: Sekretariat Negara, 2005)

Indrawan, I, U Masitah, R Adabiah, dan Jauhari, Guru Profesional (Jawa Tengah: Lakisha, 2020)

Khotimah, C, dan A Indrayati, “Penggunaan Media Buklet Pada Pembelajaran Pengelolaan Sumberdaya Air Berbasis Kearifan Lokal Pada Kalangan Remaja Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang,” Edu Geography, 4.2 (2016), 22–27

Novianti, P, dan S. Syamsurizal, “Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Kingdom Animalia untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA,” Jurnal Edutech Undiksha, 9.2 (2021), 225 <https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.40438>

Parwiyati, S, W Sumekar, dan D Mardiningsih, “Pengaruh penggunaan media booklet pada peningkatan pengetahuan peternak kambing tentang penyakit scabies di KTT Ngupyo Sato Desa Wonosari Kecamatan Petabon,” Animal Agriculture Journal, 3.4 (2014), 581–85

Permendikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah,” Jakarta: Kemendikbud RI, 2014, 1–45 <https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014.pdf>

Said, M, 80+ Ice Breaker Games - Kumpulan Permainan Penggugah Semangat (Yogyakarta: Andi Offset, 2010)

Saputro, B, Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis Disertasi (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2017)

Sutja, A, Emosda, S Herlambang, dan Nelyahardi, Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Konseling (Yogyakarta: Penerbit Writing Revolution, 2017)

Downloads

Published

08-12-2023

How to Cite

Coerla Baseka, E., Akmal Sutja, & Freddi Sarman. (2023). Desain Booklet Ice Breaking untuk Pelaksanaan Layanan Informasi. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(2), 220–232. https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i2.1488