Implementasi Psikologi Manajemen dalam Membangun Lingkungan Kerja yang Kondusif di Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Authors

  • San Putra Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Wildansyah Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i2.1531

Keywords:

Psikologi Manajemen, Lingkungan Kerja, Kepemimpinan

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu bagaimana implementasi psikologi manajemen dalam membangun lingkungan kerja yang kondusif di Instiut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai. Sejauh mana perubahan yang sudah dirasakan oleh para dosen dan staff terhadap implementasi psikologi manajemen yang sudah dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengmpulkan data melalui wawancara dan observasi lapangan. Informan dalam pengambilan data melalui wawancara yaitu Rektor, Dosen, dan Ka. Staff kampus.  Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sejak awal kepemimpinan tahun 2020, implementasi psikologi manajemen yang digunakan untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif telah mengalami peningkatan. Berdasarkan temuan dari wawancara yang berbeda, informan menyampaikan praktik kepemimpinan yang baik. Sebagai pemimpin kampus, rektor memiliki kemampuan untuk mengelola cara berkomunikasi dan berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan dan harapan semua orang, termasuk dosen dan karyawan. Ini adalah contoh kualitas kepemimpinan yang baik. Penilaian kerja yang objektif, jenjang karir yang jelas, kompensasi yang diberikan sesuai dengan prestasi, program pengembangan kualitas, dan penilaian kerja yang adil memastikan pemenuhan kebutuhan dan harapan tersebut. Program kampus dilaksanakan menggunakan pendekatan manajemen psikologi dan berhasil mengubah kampus menjadi Institut pada tahun 2023. Selain itu, baik dosen dan staff telah mengakui bahwa lingkungan kerja yang kondusif telah tercipta. Rektor tidak dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif jika mereka tidak memiliki kepercayaan dan loyalitas. Kepercayaan hanya akan diperoleh ketika pemimpin menunjukkan kepedulian terhadap setiap anggota tim dan bersedia menerima kritikan, saran, dan masukan dari orang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adamy, M. Manajemen Sumber Daya Manusia. UNIMAL PRESS. 2016.

Agustini, F. Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. UISU Press. 2019.

Asri, K. H. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Kenyamanan Bekerja Di Sekolah: Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu. Edum Journal. 2021. 4(1), 21–28.

Asy’ari, A. F., & Zuhdi, M. S. Perencanaan Karier Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol. 5, No. 1. 2023. h. 9-27.

Badu, S. Q., & Djafri, N, Kepemimpinan & Perilaku Organisasi. Ideas Publishing. 2017.

Dalimunthe, E. M., dkk, Strategi Psikologi Manajemen Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Mts Sukaramai. (LOKAKARYA Journal Research and Education Studies, 1(1). 2022.

Elvira. Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya (Studi pada : Sekolah Dasar di Desa Tonggolobibi). Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman. 2021. h. 16.

Hakim, L., & Mukhtar. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan (Y. Anra, Ed.). Timur Laut Aksara. 2018.

Indartono, S. Pengantar Manajemen: Character Inside. Yukaprint. 2016.

Izzati, U. A., & Mulyana, O. P, Psikologi Industri & Organisasi. Bintang Surabaya. 2019.

Maswan. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. 2015. 12(2).

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press. 2014.

Minto Waluyo, M. M. Manajemen Psikologi Industri Edisi Revisi. Literasi Nusantara. 2010.

Rahayu, R., & Miranda, N, Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan (Syafaruddin & M. Syukri, Eds.). Pusdikra Mitra Jaya. 2022.

Rusmini, Psikologi Manajemen | i (Samsu). PUSAKA. 2017.

Sewang, A. Manajemen Pendidikan. Wineka Media. 2015.

Syafaruddin, & Anzhizhan. Psikologi Organisasi dan Managemen. LARISPA. 2011.

Tewal, Perilaku Organisasi. CV Patra Media Grafindo. 2017.

Downloads

Published

08-12-2023

How to Cite

San Putra, & Wildansyah Lubis. (2023). Implementasi Psikologi Manajemen dalam Membangun Lingkungan Kerja yang Kondusif di Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(2), 169–181. https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i2.1531