Memahami Peran Psikologi Pendidikan bagi Mahasiswa dalam Pembelajaran

Authors

  • Achmad Busiri Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Psikologi, Pendidikan, Pembelajaran

Abstract

Psikologi pendidikan sebagai ilmu yang meneliti masalah jiwa dan aktivitas psikologis seseorang dalam kaitannya dengan pendidikan sebagai interaksi adalah disiplin yang cukup penting dalam memeriksa masalah yang mengganggu atau mendukung jiwa mahasiswa dalam proses pembelajaran, Sehingga dengan memahami keadaan mental mahasiswa maka dosen dapat mengatur dan berusaha mencari solusi atas masalah tersebut, sehingga untuk hal ini, sepatutnya seorang Dosen perlu memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang psikologi pendidikan sehingga pembelajaran dapat berlangsung efektif dan terarah.
Peneliti bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana memahami peran psikologi mahasiswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun alat pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sumber data diperoleh dari dosen dan mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memahami peran psikologi pendidikan dalam pembelajaran bisa menjadikan pendidik dapat mengerti dan memahami keadaan jiwa setiap mahasiswa agar melalui pemahaman tersebut, pendidik dapat mengukur kemampuan dan tingkat pemahaman mahasiswa agar setiap pembelajaran yang berlangsung dapat berlangsung secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-06-2020

How to Cite

Achmad Busiri. (2020). Memahami Peran Psikologi Pendidikan bagi Mahasiswa dalam Pembelajaran. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 1–16. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/154