Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang

Authors

  • Moh. Mofid Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Endang Tyasmaning Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Pengaruh lingkungan ada yang baik dan ada yang baik dan ada yang buruk, baik lingkungan asrama, keluarga, sekolah dan teman sebaya dalam menumbuhkan motivasi siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka ada permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu tentang adakah pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa di SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu kegiatan penelitian yang meliputi pengumpulan data dalam rangka menjawab pertanyaan yang menyangkut pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa di SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini melalui, wawancara, Observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu Checking Data. Hasil penelitian mengatakan bahwa lingkungan belajar sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang karena Siswa pulang dari sekolah jam 13.45 wib, Sedangkan jam istrahat siang kebanyakan tidak istrahat karena ada yang ngobrol dan ada yang di panggil pengasuh, kepala sekolah, guru berkenaan dengan kedisiplinan dan lain-lain. Setelah itu kegiatan pondok berjalan sesuai jadwal yang ada, sampai waktu istrahat jam 23,00, Jam 03:30-06:00 kegiatan pondok, setelah itu persiapan sekolah dengan mandi yang harus menunggu giliran karena kamar mandi yang terbatas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-06-2020

How to Cite

Moh. Mofid, & Endang Tyasmaning. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 17–39. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/155