Kepemimpinan Orang Tua Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa
Keywords:
Gaya kepemimpinan orang tua ; prestasi belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gaya kepemimpinan orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik, berdasarkan fenomena yang peneliti lihat di lapangan, ada penurunan prestasi belajar yang ternyata dikarenakan tuntutan orang tua terhadap anak dengan gaya kepemimpinan yang otoriter. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: 1) gaya kepemimpinan orang tua. 2) prestasi belajar peserta didik. 3) pengaruh antara gaya kepemimpinan orang tua dengan prestasi belajar siswa SMP N 18 OKU. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan analisis statistik korelasi dengan populasi sebanyak 203 siswa dan sampel sebanyak 50 siswa. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa kuesioner. Untuk menganalisis data gaya kepemimpinan orang tua dan prestasi belajar peserta didik menggunakan teknik analisis persentase, sedangkan pengujian hipotesis untuk melihat hubungan antara gaya kepemimpinan orang tua dengan prestasi belajar peserta didik menggunakan rumus Korelasi Product Moment Pearson, perhitungan menggunakan layanan komputer dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS versi 16. Hasil analisis data: 1) Gaya kepemimpinan orang tua berada dalam kategori baik. 2) Presrasi belajar siswa berada dalam kategori baik. 3) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Orangtua dengan Prestasi Belajar peserta didik diperoleh r_hitung 0,657> 0,250 r_tabel pada df 60 dengan tingkat signifikansi 0,01 (sig <0,05). Jadi berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh gaya kepemimpinan orangtua siswa dengan prestasi belajar SMP N 18 OKU.