Penerapan Pembelajaran Berbasis Jus Amma dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di TPQ Safinatun Najah Kedungrejo Pujon Malang
Keywords:
Juz Amma, Motivasi belajar, TPQ SafinatunAbstract
Eksistensi Bahasa Arab itu sendiri dilestarikan mulai dari pedesaan hingga perkotaan melalui lembaga pendidikan formal maupun non formal salah satunya yaitu TPQ. Adapaun pembelajaran di TPQ Safinatun Najah berbasis Jus Amma. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif tentang riset yang bersifat deskriptif dengan tujuan untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian, baik tentang suatu kejadian fakta yang sedang berlangsung atau yang sudah lampau dan data yang ada dilapangan dan juga sebagai bahan pembahasan hasil penelitian secara nyata dan obyektif. Adapun, Implemesntasi Pembelajaran bahasa Arab berbasis Jus Amma mapu meningkatkan motivasi belajar santri dalam memahami terjemahan dari hafalan surat-surat pendek yang dihafalkannya. Adapun dari segi perencanaan, tujuan dari pembelajaran bahasa Arab ini adalah agar santri mampu menterjemahkan secara sederhana melalui kosakata bahasa Arab. Dari segi pelaksaannya, Pembelajaran bahasa Arab berbasis jus Amma dilaksanakan dengan teknik pembelajaran yang menyenangkan dan secara evaluasinya, system pembelajaran ini bersifat sorogan dimana santri satu persatu menyetorkan hafalan kosakata kepada ustadzanya setiap akhir bulan.