Peran Dosen Pembimbing Akademik (PA) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa
Keywords:
Pembimbing Akademik, Motivasi BelajarAbstract
Motivasi sebagai pendorong seseorang dalam melakukan sesuatu untuk mncapai tujuan yang diinginkan. Motivasi belajar mahasiswa sangat dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan dalam mencapai tujuan perkuliahan. Permasalahan belajar terutama motivasi belajar pada mahasiswa seringkali terjadi yang mengakibatkan mahasiswa malas, dan tidak bersemangat dalam belajar. Butuh bantuan atau peran pendukung tentunya yang bisa membantu untuk mengatasi masalah tersebut. Di tingkatan perguruan tinggi tuntutan dan pola belajar juga lebih tinggi tingkatannya atau berbeda dengan di sekolah sebelumnya sehingga akan terjadi gangguan pada mahasiswa baru. Akan tetapi di tingkat perguruan tinggi ada dosen pembimbing akademik yang dapat membantu permasalahan yang dihadapi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran Dosen Pembimbing Akademik dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa IAI Sunan Kalijogo Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk menghasilkan gambaran perilaku subjek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya usaha dosen pembimbing akademik dalam memberikan motivasi belajar mahasiswa sehingga mahasiswa dapat belajar lebih giat dan bersemangat serta aktif dalam proses perkuliahan.
Downloads
References
Achroza, Faela Hanika, ‘Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dosen Pembimbing Mahasiswa Dan Problem Focused Coping Dengan Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa FKIP Bimbingan Konseling Universitas Muria Kudus’, Skripsi: Unversitas Muria Kudus, 2013
Monks, F J, A M P Knoers, and SitiRahayu Haditono, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta (Gadjah Mada University Press, 2002)
Risdiantoro, Rindra, and Mahasiswa Magister Sains Psikologi UMM, ‘Belajar Dan Ekspresi Diri: Kajian Subyektif Wellbeing Pada Mahasiswa’, Psychology, 2015
Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)
Sugihartono, Dkk, Farida Harahap, Farida Agus Setiawati, and Siti Rohmah Nurhayati, Psikologi Pendidikan (Yogyakarta: UNY press, 2007)
Sugiyono, ‘Metode Kualitatif Dan Kuantitatif’, Cetakan ke (Bandung: Alfabeta, 2016)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.