Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMP Islam Pakisaji Kabupaten Malang

Authors

  • Fayrus Abadi Slamet Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Arifin SMP Islam Pakisaji Malang

Keywords:

Bimbingan klasikal, Kedisiplinan

Abstract

Menaati tata tertib, aturan atau norma dalam kehidupan merupakan kedisiplinan individu yang akan tercipta jika melalui proses serangkaian perilaku. Sekolah merupakan tempa dalam menjalankan perilaku untuk kedisiplinan siswa dalam melatih, mengendalikan diri, menghormati dan bertanggung jawab dengan aturan yang telah disepakati. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif, dimana penelitian bertujuan untuk menggambarkan layanan bimbingan klasikal yang diberikan oleh guru BK untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. siswa SMP Islam Pakisaji. Kab. Malang. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Islam Pakisaji Kab. Malang yang tercatat memiliki tingkat kedisiplinan yang rendah yaitu 30 orang siswa, serta guru Bimbingan dan Konseling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SMP Islam Pakisaji, pelaksanaan layanan bimbingan klasikal yang dilakukan oleh guru BK terhadap siswa sangatlah efektif. Hasil penelitian layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, menunjukkan bahwa siswa begitu antusias dalam mengikuti kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andani, Muhammad Rian, Indri Astuti, and Y Yuline. “Layanan Bimbingan Klasikal Kelas X Sma Mujahidin Pontianak” (2019): 1–8.

Ernawati, Ika. “Pengaruh Layanan Informasi Dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Xii Ma Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015.” G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling 1, no. 1 (2019): 1–13.

Fatimah, Dewi Nur. “Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Smp Negeri 5 Yogyakarta.” Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam 14, no. 1 (2017): 25–37.

Ferdiansa, Geandra, and Yeni Karneli. “Konseling Individu Menggunakan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 3 (2021): 847–853. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/427.

Kemendikbud. “Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP).” (2016).

KURNIA, DEDEH. “KONSELING SPIRITUAL TEISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MTs NEGERI 3 BANDUNG JAWA BARAT.” LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 1, no. 1 (2021): 9–18.

Lestari, Kenanga. “Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar.” IJoCE : Indonesian Journal of Counseling and Education 4, no. 1 (2023): 11–16.

Pratiwi, Syifani Aulia, Heris Hendriana, and Reza Pahlevi. “Penerapan Layanan Bimbingan Klasikal Melalui Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Agresi.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan) 5, no. 2 (2022): 134.

Rahmah nada, aini. “Peran KPK Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Dan Kejujuran Siswa Di MA Nurul Jadid Dan MA Negeri 1 Probolinggo.” Jurnal Mulitidisiplin Ilmu 1, no. 1 (2023): 1–8.

Roshita, Ita. “Upaya Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama.” Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling 1, no. 2 (2015): 29–35.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.” Bandung: Alfabet, 2017.

Widi, E, P Saraswati, and T Dayakisni. “Kedisiplinan Siswa Siswi SMA Ditinjau Dari Perilaku Wajib Lima Waktu.” Jurnal Psikologi Islam 4, no. 2 (2017): 135–150.

Downloads

Published

30-06-2024

How to Cite

Fayrus Abadi Slamet, & Arifin. (2024). Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMP Islam Pakisaji Kabupaten Malang. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 74–84. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/1646