Analisis Perasaan Bersalah pada Residen Narkoba di Lembaga Rehabilitasi Permata Atjeh Peduli

Indonesia

Authors

  • Maryatul Maryatul IAIN Aceh
  • Adnan IAIN Lhokseumawe
  • Nurul Hikmah IAIN Lhokseumawe

Keywords:

Perasaan Bersalah, Narkoba, Residen, Rehabilitasi

Abstract

Analisis Perasaan Bersalah pada Residen Narkoba di Lembaga Rehabilitasi Permata Atjeh Peduli. Residen narkoba memiliki permasalahan mental yang sangat serius dan mempengaruhi keberlangsungan hidupnya. Salah satu masalah besar yang dihadapi adalah perasaan bersalah sehingga menurunkan semangat dan motivasi residen untuk untuk pulih dan melanjutkan hidup. Rumusan penelitian ini terbagi dua yaitu, bagaimana gambaran perasaan bersalah dan cara mengatasi perasaan bersalah pada residen narkoba Jenis penelitian kualitatif. Informan penelitian berinisial DE, RF, dan RZ. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yaitu reduksi data, penyajian, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan rasa bersalah aspek internal terbagi lima yaitu: a. merasa gagal, b. depresi; c. berputus asa, d. menyesal,  dan e. berfikir negatif. Sedangkan rasa bersalah aspek eksternal ada dua yaitu a. trauma, adalah takut terhadap orang lain yang dikhawatirkan akan kembali menjerumuskan residen ke narkoba atau membawa pengaruh buruk dengan mengacaukan diri pada kesenangan yang berdampak negatif seperti menonton porno dan bolos sekolah.  b. pengaruh lingkungan, yaitu disebabkan ajakan teman untuk menenangkan diri melalui narkoba dan mengedarkannya. Kedua, cara mengatasi perasaan bersalah yaitu melalui program-program yang membangun kualitas diri dan semangat residen seperti pelatihan keterampilan, kegiatan rohani, olahraga, interaksi positif antara residen dan petugas, serta adanya motivasi dari konselor dan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, Bahaya Penyalahgunaan Narkoba, Penerbit ALPRIN: Semarang, 2019

BNN Nasional, Dampak Psikologis Penggunaan Narkoba, https://www.bnn.co.id/hukum/130787/psikologis_dalam_penggunaan_narkobat?utm_source=news_slide&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign, Diakses tanggal 25 April 2023.

RRI. Co.Id, Angka Pengguna Narkoba di Banda Aceh Setiap Tahun Meningkat, https://www.rri.co.id/hukum/130787/angka pengguna narkoba di banda aceh setiap tahun meningkat?utm_source=news_slide&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign, Diakses tanggal 25 April 2023.

Tempo. Com, Kasus Narkoba Irjen Teddy Minahasa Data BNN: 10 Wilayah Tertinggi Kasus Narkoba, Jatim Peringkat Kedua, https://nasional.tempo.co/read/1645582/kasusnarkoba irjen teddy minahasa data bnn 10 wilayah tertinggi kasus narkoba jatim peringkat kedua, Diakses tanggal 25 April 2023

Downloads

Published

29-06-2024

How to Cite

Maryatul, M., Adnan, & Nurul Hikmah. (2024). Analisis Perasaan Bersalah pada Residen Narkoba di Lembaga Rehabilitasi Permata Atjeh Peduli: Indonesia. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 13–31. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/2070