Penerapan Terapi Musik Dalam Meningkatkan Fokus Belajar Mahasiswa

Authors

  • Diah Retno Ningsih Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Aris Setiawan Universitas Yudharta

Keywords:

Digitalisasi, Sikap, Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efek penerapan terapi musik pada fokus belajar mahasiswa Prodi BKI angkatan 2022. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan data primer. Sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi BKI angkatan 2022 yang berjumlah 14 mahasiswa sebagai sampel. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan  terapi musik dalam meningkatkan fokus belajar memiliki pengaruh yang signifikan antara  terapi musik dengan fokus belajar dengan skor pre-test 26,38 (±1,821) dan skor post-test 29,13 (±1,258) dan P-value <0,018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengaruh terapi musik terhadap fokus belajar pada mahasiswa Prodi BKI angkatan 2022 Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang. Studi tersebut menyimpulkan bahwa terapi musik dapat digunakan sebagai pendekatan terapi untuk meningkatkan fokus belajar pada mahasiswa Prodi BKI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

American Music Therapy Association, ‘Music Therapy’ (USA: American Music Therapy Association, Inc., 2011) <http://registration.ocali.org/rms_event_sess_handout/5942_Handout.pdf>

Angranti, Wiwik, ‘Problematika Kesulitan Belajar Siswa’, Gerbang Etam, 10.1 (2016), 28–37

Hartadi, Andi Dimas Wahyu Putra, Edi Prasetyo, and Andri Gunawan, ‘Pengaruh Terapi Musik Terhadap Kemampuan Kognitif Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi 2021 Dan Tinjauannya Menurut Pandangan Islam’, Junior Medical Journal, 2.1 (2023), 99–106

Suardi, Moh, Belajar & Pembelajaran (Yogyakarta: Deepublish, 2018)

Sugihartono, Dkk, Farida Harahap, Farida Agus Setiawati, and Siti Rohmah Nurhayati, Psikologi Pendidikan (Yogyakarta: UNY press, 2007)

Sugiyono, ‘Metode Kualitatif Dan Kuantitatif’, Cetakan ke (Bandung: Alfabeta, 2016)

Downloads

Published

29-06-2024

How to Cite

Diah Retno Ningsih, & Aris Setiawan. (2024). Penerapan Terapi Musik Dalam Meningkatkan Fokus Belajar Mahasiswa. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 51–60. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/2205