Review Literatur: Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Sekolah

Authors

  • Rindra Risdiantoro IAI Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/isyrof.v2i2.221

Keywords:

Strategi, Guru BK, Kenakalan siswa

Abstract

Kenakalan siswa terjadi sebagai aktualisasi dari keadaan jiwa dan kebutuhan tetapi berdampak negatif. Guru BK bertanggung jawab mengatasi masalah kenakalan siswa. Pelayanan bimbingan dan konseling sangat penting untuk dilaksanakan guna membantu siswa mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. Review ini bertujuan untuk: mengidentifikasi bentuk-bentuk kenakalan siswa di sekolah, menjelaskan faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa, menjelaskan strategi guru dalam mengatasi kenakalan siswa. Hasil review yaitu 1) bentuk-bentuk kenakalan siswa terdiri dari kenakalan kategori ringan seperti: membolos, ramai sewaktu pelajaran berlangsung, tidak mengerjakan tugas, seragam tidak lengkap, ke kantin saat pelajaran, bermain HP saat pelajaran, membantah guru dan orang tua, sedangkan kenakalan kategori berat seperti: mencuri, perkelahian, narkoba, asusila, 2) faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa adalah lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan di masyarakat, 3) strategi guru dalam mengatasi kenakalan siswa di sekolah yaitu strategi dalam pembelajaran berupa pembiasaan dan modeling, strategi tindakan dalam bentuk preventif, preservatif dan kuratif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-12-2020

How to Cite

Rindra Risdiantoro. (2020). Review Literatur: Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Sekolah. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 122–134. https://doi.org/10.51339/isyrof.v2i2.221