Strategi Guru sebagai Fasilitator dalam Membimbing Anak Hiperaktif di TK IT As-Syifa' Surabaya
Keywords:
Perilaku Hiperaktif, Strategi guru, Pendidikan anak usia diniAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi guru dalam mendukung perkembangan anak hiperaktif di lingkungan TK, peran pendidikan anak usia dini dalam mendukung perkembangan jasmani dan rohani anak sebagai fondasi bagi masa depannya. Di tingkat Taman Kanak-kanak (TK), program pendidikan berfokus pada pengembangan potensi anak secara komprehensif. Namun, perilaku non-normatif pada anak seperti hiperaktivitas menjadi tantangan yang memerlukan perhatian khusus. Anak hiperaktif sering kali mengalami kesulitan dalam fokus dan pengendalian diri, yang berdampak pada interaksi sosial dan proses belajar mereka. Pendekatan yang efektif diperlukan untuk membantu anak hiperaktif melalui bimbingan dari guru. Di TK IT As-Syifa', peran guru sebagai fasilitator sangat penting dalam membimbing dan membantu anak-anak hiperaktif mengembangkan keterampilan sosial, meningkatkan minat belajar, dan menyesuaikan perilaku mereka. Untuk mendeskripsikan permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif. dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru melibatkan apresiasi terhadap usaha anak, menciptakan lingkungan positif, serta penyesuaian pendekatan dan bahasa yang digunakan sesuai dengan karakteristik individu anak. Dengan adanya bimbingan yang tepat, anak-anak hiperaktif dapat meningkatkan fokus, mengurangi perilaku impulsif, dan lebih siap mengikuti proses pembelajaran di TK IT As-Syifa’.elitian ini menyoroti Strategi Guru yang di terapkan dalam membimbing anak Hiperaktif di TK IT As- Syifa’ Surabaya.
Downloads
References
Alejos. (2017). Teknik Guru Dalam Menangani Anak Hiperakif (Studim Kasus di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sukopuro Jabung Malang). In Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Ardinasari. (2016). Buku Pintar Mencegah dan Mengobati Penyakit Bayi dan Anak. Zikrul Hakim Bestari.
Badri, M. M. (2016). Sentuhan Jiwa untuk Anak Kita. DAUN PUBLISHING.
Fridolin Koleta JEBIA, . (2022). PERAN GURU DALAM PENANGANAN PERILAKU ANAK HIPERAKTIF DI PAUD SANTU IGNATIUS SAMPAR DESA PONGLALE KECAMATAN RUTENG KABUPATEN MANGGARA. (Vol. 9, pp. 356–363). Unika Santu Paulus Ruteng.
Hasrian Rudi Setiawan, D. A. (n.d.). Menjadi Pendidik Profesional. UMSU Press.
Iftitah, S. L. (2022). Upaya Guru Dalam Membimbing Anak Hiperaktif Di Tk Pkk Tanjung Pademawu Pamekasan. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 5(1), 15. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.950
Islamiah, R., Na’imah, & Wulandari, H. (2023). Peran Guru Dalam Menangani Anak Hiperaktif. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 36–41. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2051
Jariono, G., Nurhidayat, Sudarmanto, E., Kurniawan, A. T., Triadi, C., & Anisa, M. N. (2021). Pendampingan dan pelatihan Peran Guru Dalam Mengurangi Perilaku Hiperaktif Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Sukoharjo. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 37–43. https://doi.org/10.35877/panrannuangku478
Latif, M., Zubaidah, R., Afandi, M. (2013). Orientasi baru pendidikan anak usia dini : Teori dan aplikasinya (Ed. 1). Kencana.
Mashar, R. (2015). Emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya. Kencana.
Rina Mulyati. (2023). UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK ATTENTION DEFISIT HIPERACTIVITY DISORDER. PERNIK, 6(1), 60–69. https://doi.org/10.31851/pernik.v6i1.11835
Roopnarine, J. L. (2009). Pendidikan anak usia din. Kencana Prenada Media Grup.
Rozie, F., Safitri, D., & Haryani, W. (2019). PERAN GURU DALAM PENANGANAN PERILAKU ANAK HIPERAKTIF DI TK NEGERI 1 SAMARINDA. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 53–59. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.12874
Sagita, D. (2020). INTERVENSI ANAK USIA DINI YANG MENGALAMI GANGGUAN HIPERAKTIF (STUDI KASUS DI PAUD MIFTAHUL HUDA TANJUNG RAJA LAMPUNG UTARA). In Skripsi. UIN Raden Intan.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. In CV. Alfabeta. CV. Alfabeta.
Wathony, M. N. (2020). Pendidikan Islam Anak Usia Dini:Pendidikan Islam dalam Menyikapi Kontroversi Belajar Membaca pada Anak Usia Dini. Sanabil.
Wijayanti, S., Rosida, & Dirgayunita, A. (2023). Peran Guru Sebagai Pendidik Dalam Menangani Anak Hiperaktif Pada Anak Kelompok B Di Ra Miftahul Ulum Lumbang Ketangi. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 98–112. https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i2.785
Yanti, R., Partikasari, R., & Margaretha, L. (2024). Peran Kerja Sama Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak (Studi Kelompok A Di Paud Nabilah). Early Childhood Research and Practice, 4(2), 71–76. https://doi.org/10.33258/ecrp.v4i2.4767
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lailatur Rohmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.