Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Sunan Kalijogo Jabung
DOI:
https://doi.org/10.51339/isyrof.v6i2.3010Keywords:
Layanan, Bimbingan Kelompok, Kedisiplinan, SiswaAbstract
Fenomena penerapan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Sunan Kalijogo Malang menjadi objek penelitian yang menarik, khususnya karena bimbingan kelompok sudah diterapkan di SMA Sunan Kalijogo Jabung. Menariknya, kedisiplinan siswa di tingkat sekolah menengah atas secara umum masih menunjukkan nilai yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Sunan Kalijogo Jabung, Malang. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keefektivitasan dalam peningkatan kedisiplinan siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Kolaborasi antar siswa dalam kelompok menciptakan lingkungan yang mendukung untuk berbagi ide dan pengalaman, serta memperkuat komitmen mereka terhadap aturan dan norma sekolah. Metode yang digunakan, seperti diskusi kelompok kecil, permainan peran, studi kasus, dan bimbingan klasikal dari guru BK, terbukti mampu merangsang interaksi siswa dan membantu pemahaman mereka mengenai pentingnya disiplin. Kesimpulannya, layanan bimbingan kelompok berperan signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dan merupakan pendekatan efektif untuk memperbaiki perilaku siswa serta membangun budaya disiplin di sekolah.
Downloads
References
Aprilianti S. “Implementasi Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Dalam Motivasi Belajar Didik Kelas Xi Di Man 1 Lampung Tahun 2021/2022,” 2024.
Arestalia, Nike Pebri, Rudy Sumiharsono, and Eges Triwahyuni. “EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Pengaruh Profesional Guru Dalam Penggunaan Media Video Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Di SMP ARTICLE INFO ABSTRACT” 4, no. 2 (2023): 1819–26.
Dr. Abdul Fattah Nasution, M.Pd. Metode Penelitian Kualitatif, 2023.
Etty Riana Yuliastuti, Efa Krisna Dewi, Rafik Sudiaz, Tri Erza Apriyadi, okhmi Afifah Baroroh, Katmo. Buku Pedoman Budidaya Pisang Musa Sp, 2020.
Guarango, Piedad Magali. “PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN SUPPA MELALUI BUDIDAYA RUMPUT LAUT (PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH.” Skripsi, no. 8.5.2017 (2022): 2003–5.
Kambey, Joseph Philip, and James Jefferio Manengkey. “Disiplin Kerja Dan Motivasi Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unima.” SEIKO : Journal of Management & Business 6, no. 1 (2023): 378–89. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3869.
Puluhulawa, Meiske, Moh. Rizki Djibran, and Mohamad Rizal Pautina. “Layanan Bimbingan Kelompok Dan Pengaruhnya Terhadap Self-Esteem Siswa.” Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis, 2017, 301–10.
Rahmania, Lisa, Fitria Kasih, and Rici Kardo. “Model Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Metode Home Room Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik.” JAMBURA Guidance and Counseling Journal 2, no. 2 (2021): 101–7. https://doi.org/10.37411/jgcj.v2i2.924.
Rohman, Dul, Siskha Putri Sayekti, and Muhammad Badran. “Penerapan Pendekatan Reinfrocment Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Kelas Vii Di Smp Muhammadiyah 1 Jakarta.” Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora Vol.2, no. 3 (2023): 11940–53.
Sidiq, Umar, and Moh. Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53. ponorogo: CV Nata Karya, 2019.
Sugiyo, and T Supriyanto. “Efektivitas Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa.” Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling 5, no. 2 (2019): 84–95.
Yusuf Sukman, Jayadi. “ANALISIS PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN PETANI KARET DI KECAMATAN BATIN XXIV KABUPATEN BATANGHARI.” Skripsi 4 (2017): 9–15
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fayrus Abadi Slamet, Suwandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.