Strategi Kepala Sekolah dalam Layanan Bimbingan Peningkatan Profesionalitas Guru di SD Negeri 4 Merjosari Kota Malang

Authors

  • Rindra Risdiantoro Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Strategi, Bimbingan, Profesionalitas Guru

Abstract

Penelitian betujuan untuk mendiskripsikan strategi kepala sekolah dalam memberi layanan bimbingan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: strategi kepala sekolah SDN 4 Merjosari Malang untuk meningkatkan kompetensi guru dilakukan melalui tahapan yaitu penilian kinerja guru (PKG), analisis PKG, menentukan skala prioritas, mengidentifikasi potensi SDM guru SDN 4 Merjosari Malang dan menentukan sasaran yang akan dicapai 4 tahunan secara periodik, membudayakan diskusi akademik antar guru di sekolah, PKG dilaksanakan dengan obyektif dan digunakan secara maksimal sebagai alat evaluasi untuk mengembangkan guru, kepala sekolah diharapkan memberi kebebasan kepada guru muda untuk mengikuti kegiatan melalui forum-forum ilmiah seperti seminar pendidikan dan workshop, kepala sekolah harus mengadakan pelatihan tentang pemantapan metode pembelajaran dan model pembelajaran tematik, kepala sekolah membantu meningkatkan persiapan guru untuk mengikuti PPG untuk guru muda dan kepala sekolah memotivasi guru untuk meningkatkan kualifikasinya melalui studi lanjut terutama kepada guru muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, A.S. dan Mubin, F. Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi : Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1, 2020, 141-171.

Fatikah, N. Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi dan Etos Kerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri Bareng Jombang. Indonesian Journal Of Islamic Education Studies (IJIES) 2, 2019, 167–182.

Hasanah, A. Pengembangan Profesi Guru. (Bandung: Pustaka Setya, 2012), 17.

Iqbal, M. Kepemimpinan Transformasional Dalam Upaya Pengembangan Sekolah/Madrasah. Pionir: Jurnal Pendidikan Volume 10 No 3 2021, 119-129.

Luthfiyah, Fitwi. (2013). Kualifikasi dan Kompetensi Tenaga Kependidikan. Diakses tanggal 7 September 2013 dari http://fitwiethayalisyi. wordpress.com

Mohune, P. dan Tola, B. Proses Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah dalam Pencapaian Visi dan Misi Pendidikan. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 2, 2019.

Munawir, M., Aliya, N. dan Bella, Q.S. Pengembangan Profesi dan Karir Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 2022, 75–83.

Yufita Dan Tambunan, W. Perencanaan Strategi Pendidikan Dasar Pada Sdnp Kompleks Ikip Rawamangun Jakarta Timur (Analisis Kasus). Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 2019, 212-231.

Samsuni. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jebiman: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, Vol. 1 No. 3, Mei (2023), Hal. 187-193.

Supeno. Peningkatan Kemampuan Kepala Sekolah dalam Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah Melalui Workshop Di Dabin 1 Bidang Pendidikan Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo Tahun 2020. Jurnal Literasiologi, Volume 3, No. 2 Januari - Juni 2020. 1-8.

Downloads

Published

26-12-2024

How to Cite

Rindra Risdiantoro. (2024). Strategi Kepala Sekolah dalam Layanan Bimbingan Peningkatan Profesionalitas Guru di SD Negeri 4 Merjosari Kota Malang. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(2), 209–220. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/3023