Penerapan Konseling Naratif dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa M.A. Attaraqqie Kota Malang

Authors

  • Fayrus Abadi Slamet Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.305

Keywords:

Konseling naratif, Kepercayaan diri, Siswa

Abstract

Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan seseorang terhadap segala sesuatu yang menjadi aspek kelebihan yang dimiliki dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk mencapai berbagai tujuan hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Konseling naratif mampu menangani  seseorang yang mengalami distressing combination pada kondisi pesimis hebat, keraguan atas dirinya, mudah marah, lalai, ketidak pedulian, gelisah, cemas dan beberapa perasaan yang menunjukan masalah depresi yang dialami siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental atau percobaan (eksperimental research). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa profil kepercayaan diri siswa MA Attaraqqie Kota Malang mempunyai tingkatan kepercayaan diri yang dikategorikan sedang. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa intervensi yang dilakukan cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

14-06-2021

How to Cite

Fayrus Abadi Slamet. (2021). Penerapan Konseling Naratif dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa M.A. Attaraqqie Kota Malang. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 39–47. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.305