Evaluasi Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan dalam Konteks Pendidikan: Perspektif Bimbingan dan Konseling di Indonesia

Evaluasi Pemikiran K.H.Ahmad Dahlan

Authors

  • Tri Prasetiyowati Universitas Negeri Surabaya
  • Zumrotul Khasanah UNESA
  • Mochamad Nursalim Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryo Nuryono Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Evaluasi Pemikiran, Ahmad Dahlan, Bimbingan dan Konseling

Abstract

Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan, sebagai tokoh penting dalam sejarah pendidikan Islam di Indonesia, telah memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan pendidikan, khususnya dalam konteks bimbingan dan konseling. Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi pemikiran K.H. Ahmad Dahlan dalam bidang pendidikan dan menganalisis relevansinya dalam perspektif bimbingan dan konseling di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan analisis kualitatif terhadap pemikiran-pemikiran utama Ahmad Dahlan tentang pendidikan, serta bagaimana nilai-nilai tersebut diterapkan dalam praktik bimbingan dan konseling di sekolah-sekolah Islam di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Ahmad Dahlan menekankan pentingnya pendidikan karakter, integrasi antara ilmu pengetahuan dan agama, serta perhatian terhadap pengembangan moral dan spiritual siswa. Dalam konteks bimbingan dan konseling, prinsip-prinsip tersebut sangat relevan, terutama dalam membantu siswa mengembangkan keseimbangan antara prestasi akademik dan perkembangan karakter. Artikel ini menyimpulkan bahwa pemikiran Ahmad Dahlan memiliki kontribusi yang signifikan dalam pembentukan fondasi pendidikan yang holistik dan dapat dijadikan landasan dalam mengembangkan praktik bimbingan dan konseling di Indonesia. Saran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah perlunya integrasi lebih lanjut antara nilai-nilai pendidikan Islam dengan pendekatan bimbingan dan konseling di era modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Fandi. “Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Dan Implementasinya Di Smp Muhammadiyah 6 Yogyakarta Tahun 2014/2015.” Junal Studi Islam 16, no. 2 (2015): 144–154. https://journals.ums.ac.id/index.php/profetika/article/view/1854.

Arlini, Indah, and Acep Mulyadi. “Pemikiran K . H . Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam ( Studi Penelitian Kepustakaan ).” Turats 14, no. 2 (2021): 41–70.

Arofah, Siti, and Maarif Jamu’in. “Gagasan Dasar Dan Pemikiran Pendidikan Islam K.H Ahmad Dahlan.” Tajdida: Jurnal Pemikiran dan Gerakan Muhammadiyah 13, no. 2 (2015): 114–124. http://journals.ums.ac.id/index.php/tajdida/article/view/1889.

Azzahra, Rahma Tiara, and M Yunus Abu Bakar. “Pemikiran Dan Implikasi Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan Terhadap Pendidikan Islam Kontemporer.” An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam 10, no. 1 (2023): 72–92.

Batubara, Yusmaini Ayu, Jihan Farhanah, Melina Hasanahti, and Anggi Apriani. “Konseling Bagi Peserta Didik.” Jurnal Buatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (JKA BKI) 4, no. 1 (2022): hlm 3. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/article/view/1197.

Deni, Febrini. “BIMBINGAN Dan KONSELING.” edited by Samsudin, 203. 1st ed. Bengkulu: CV Brimedia Global, 2020.

Dewi, Khristi Rosika, Nurul Istiq’faroh, and Hendratno. “Pendidikan Dalam Pemikiran K. H. Ahmad Dahlan.” Journal of Contemporary Issues in Primary Education 1, no. 2 (2023): 95–106.

Gunawan, Ronny. “Peran Tata Kelola Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Di Sekolah.” Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan 1, no. 1 (2018): 1–16.

Kartono, Drajat Tri, and Hanif Nurcholis. “Konsep Dan Teori Pembangunan.” Pembangunan Masyarakat Desa dan Kota IPEM4542/M (2016): 23–24.

Lenggono, Wahyu. “Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Telaah Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia).” Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam 19, no. 1 (2018): 43–62.

Masdudi. “BIMBINGAN DAN KONSELING Prespektif Sekolah.” Nurjati Press (2015): 215.

Mu’thi, Abdul, Abdul Munir Mulkhan, and Djoko Marihandono. K.H. Ahmad Dahlan (1868-1923). Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2015.

Mutia, Sri. “Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.” Jurnal Ar-Rainy 1, no. 1 (2021): 1–13.

Nurhadi, Rofiq. “Pendidikan Nasionalisme-Agamis Dalam Pandangan K.H. Ahmad Dahlan Dan K.H. Hasyim Asy’ari.” Cakrawala: Jurnal Studi Islam 12, no. 2 (2017): 121–132.

Ratnawati, Eka, Hendratno, and Nurul Istiq’faroh. “Pemikiran Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Modern.” Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya Indonesia 1, no. 2 (2024): 43–50.

Ridha, Andi Ahmad. “Penerapan Konselor Sebaya Dalam Mengoptimalkan Fungsi Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah.” Jurnal Psikologi 15, no. 1 (2019): 25.

Safrudin, Rizal, Zulfamanna, Martin Kustati, and Nana Sepriyanti. “Penelitian Kualitatif.” Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (2023): 1–15.

Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research).” Natural Science 6, no. 1 (2020): 41–53.

Sujana Cong, Wayan. “FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA.” Jurnal Pendidikan Dasar 4 (2019): 29–39. https://www.scribd.com/document/478624726/FUNGSI-DAN-TUJUAN-PENDIDIKAN-INDONESIA-pdf. Diakses pada 28 November 2024.

Wulandari, Jessika, Yusuf Arbaiyah, Althof Jihan, and Sandiyus Tantri Kikan. “PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KH. AHMAD DAHLAN.” Al- Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling (2023). https://www.researchgate.net/publication/376801296_PENDIDIKAN_DALAM_PERSPEKTIF_KH_AHMAD_DAHLAN. Diakses pada 28 November 2024.

Downloads

Published

30-12-2024

How to Cite

Tri Prasetiyowati, Zumrotul Khasanah, Mochamad Nursalim, & Wiryo Nuryono. (2024). Evaluasi Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan dalam Konteks Pendidikan: Perspektif Bimbingan dan Konseling di Indonesia: Evaluasi Pemikiran K.H.Ahmad Dahlan. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(2), 221–237. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/3254